Perusahaan Cina Bakal Bangun Smelter Aluminium Rp 89 Triliun di Bintan

Happy Fajrian
16 Mei 2023, 13:13
smelter aluminium, smelter, aluminium, cina, investasi, minerba
123RF.com/Chutima Chaochaiya
Ilustrasi smelter minerba.

Perusahaan asal Cina, Shandong Nanshan Aluminium, berencana memperluas pabrik alumina barunya di Indonesia menjadi kompleks smelter aluminium berkapasitas 250.000 ton per tahun senilai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 88,9 triliun pada 2028.

Shandong Nanshan adalah salah satu dari kelompok perusahaan Cina yang sedang berkembang yang melakukan investasi multi-miliar dolar di Asia Tenggara, terutama di sektor pemrosesan logam dan penyulingan minyak.

Perusahaan asal Negeri Panda ini memulai proyek pabrik alumina berkapasitas 2 juta ton per tahun pada November tahun lalu di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Nanshan memproses bauksit yang ditambang dari wilayah Kalimantan di Indonesia dan mengekspor alumina ke negara tetangga Malaysia dan juga menjualnya ke pedagang internasional. Nanshan bermaksud untuk mulai membangun unit peleburan aluminium pada akhir tahun ini.

“(Ini) bagian dari rencana untuk membangun pabrik aluminium berkapasitas 1 juta ton pada tahun 2028, dan akhirnya memproduksi ingot aluminium kelas atas untuk industri pesawat terbang dan kendaraan listrik,” kata seorang eksekutif perusahaan minggu lalu seperti dikutip dari Reuters Selasa (16/5).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...