PLN Tambah Produksi Listrik Hijau 2,5 MW dari PLTM Kanzy di Jawa Timur

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Mei 2023, 11:50
pln, listrik hijau, pltm kanzy
PLN
PLN mulai mengoperasikan PLTM Kanzy berkapasitas total 2,5 megawatt (MW) dan menambah kapasitas listrik hijau Indonesia.

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN menambah pasokan listrik dari energi bersih di wilayah Jawa Timur dengan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga MiniHidro (PLTM) Kanzy berkapasitas total 2,5 megawatt (MW).

Pengoperasian green power plant yang berada di Pasuruan ini pun menambah deretan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) menjadi 16 dari total 32 pembangkit yang ada di Jawa Timur.

Advertisement

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan langkah yang dilakukan PLN ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan bauran EBT menuju Net Zero Emission pada 2060. Menurut Darmawan, beroperasinya PLTM Kanzy sanggup menyuplai listrik ke 10.000 pelanggan dengan kapasitas daya 2 x 1,25 MW.

“PLN terus mendukung upaya mengurangi emisi karbon salah satunya dengan menggenjot pembangunan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan," kata Darmawan dalam siaran pers pada Rabu (17/5).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran, mengatakan saat ini kelistrikan di Jawa Timur didukung dari berbagai pembangkit EBT, di antaranya PLTM dan akan bertambah lagi ke depannya.

Lansiran menjelaskan, saat ini ada lima PLTM yang menyuplai sistem kelistrikan di Provinsi Jawa Timur. Pembangkit listrik hijau tersebut berasal dari PLTM milik PLN maupun milik swasta atau Independent Power Producer (IPP).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement