Pertamina Temukan Cadangan Migas Jumbo 196 MMBOE dari Tiga Sumur Tua

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Mei 2023, 18:45
cadangan migas, pertamina,
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan potensi cadangan minyak dan gas bumi (migas) sebesar 196 juta barel setara minyak (MMBOE) dari tiga sumur tua pada tahun lalu.

Tiga sumur tua tersebut yaitu sumur GQX dengan besaran 106 MMBOE di Laut Jawa Blok Offshore North West Java (ONWJ), Sumur Manpatu 1-X di Kalimantan dengan potensi cadangan 43 MMBOE, dan Sumur WLL-001 dengan potensi cadangan hingga 47 MMBOE di Sumatera Selatan.

Advertisement

Direktur Eksplorasi PHE, Muharram Jaya Penguriseng, mengatakan bahwa perseorang terus melakukan eksplorasi untuk area yang sudah mature atau existing asset dengan konsep eksplorasi dan teknologi baru.

"Ini yang menarik, saya sampaikan jangan menyepelekan mature area. Di tahun lalu, kami menemukan tiga big fish," ujar Muharram di Kantor SKK Migas Jakarta pada Rabu (17/5).

Dengan tiga temuan besar tersebut, Pertamina tengah mengurus monetisasi temuan tersebut dengan membuat rencana pengembangan atau plan of development (POD) bersama SKK Migas.

Selain itu, Muharram juga melaporkan penemuan satu sumur big fish di wilayah kerja (WK) North Sumatera Offshore (NSO), tepatnya di sumur NSO-S2. Sumur NSO memiliki tiga struktur, yakni NSO-R2, NSO-S2 dan NSO-XLLL.

Meski begitu, Muharram belum bisa memerinci total potensi migas yang tersimpan di NSO karena ada dua struktur yang belum divalidasi. “Tetapi satu dari tiga struktur itu kita dapatkan angka 53 MMBOE masuk kategori big fish," kata Muharram.

Di sisi lain, SKK Migas mendorong peningkatan investasi di sektor eksplorasi hulu migas hingga US$ 3 miliar atau sekira Rp 45 triliun untuk mendukung program Pemerintah di bidang ketahanan energi.

Peningkatan target investasi itu dinilai mendesak seiring kebutuhan energi minyak dan gas terus meningkat di tengah proses transisi yang sedang berlangsung.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement