Menteri ESDM Sebut Harga Acuan Nikel Indonesia Mendesak, Ini Alasannya

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Mei 2023, 17:29
indeks harga nikel indonesia, harga acuan nikel indonesia, menteri esdm, nikel
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersiap mengikuti rapat kerja bersama Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2/2023).

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan urgensi pembentukan indeks harga nikel Indonesia atau Indonesia Nickel Prices Index sebagai instrumen transaksi jual-beli nikel di pasar dalam negeri.

Arifin menilai, indeks tersebut akan menjadi acuan harga penjualan nikel domestik yang didominasi oleh nikel kelas dua seperti nickel pig iron (NPI), feronikel hingga nikel matte yang menjadi bahan baku pembuatan stainless steel.

Fungsi indeks harga nikel Indonesia akan mirip dengan skema harga batu bara acuan yang mengatur besaran kewajiban tarif royalti pelaku usaha batu bara di dalam negeri. "Supaya ada standar, sama lah seperti batu bara," kata Arifin di Gedung Nusantara I DPR Jakarta pada Rabu (24/5).

Adapun regulasi mengenai pengenaan royalti nikel tercantum di Peraturan Menteri (Permen) Nomor 11 Tahun 2020. Indeks harga ini untuk mengurangi selisih harga dari nilai aktualisasi penjualan nikel dengan harga patokan mineral (HPM) yang selama ini mengacu pada rerata harga nikel di pasar London Metal Exchange (LME).

Sementara harga nikel di bursa LME yang merujuk pada jenis nikel kelas satu sebagai bahan baku kendaraan listrik. Menurut Arifin, pengaturan khusus soal harga acuan nikel dalam negeri dapat menekan kekhawatiran pelaku usaha pertambangan maupun pemilik pemurnian mineral (smelter) terhadap fluktuasi harga nikel di pasar LME.

Indeks harga nikel Indonesia diyakini mampu memberikan kepastian ihwal harga nikel nasional karena mengacu pada perhitungan domestik. "Kalau tidak ada indeks itu, kan ada yang menekan. Biasanya pembeli adalah raja, jangan sampai ada raja-rajaan," ujar Arifin.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan bahwa indeks harga nikel Indonesia dapat menjadi instrumen yang mengatur transaksi nikel dalam negeri.

“Pemerintah sedang berpikir untuk punya tempat sendiri supaya bisa atur harga itu. Kita juga pingin atur harga sendiri, masak LME yang mengatur harga nikel kita,” kata Luhut di Hotel Westin Jakarta pada Senin (9/5).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...