ESDM Hitung Cadangan Emas Indonesia dapat Bertahan Hingga 268 Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Mei 2023, 18:26
cadangan emas, tambang emas,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi emas batangan PT Aneka Tambang.

Indonesia memiliki sumber daya mineral yang melimpah, salah satunya yaitu emas. Kementerian ESDM memproyeksikan Indonesia memiliki cadangan emas yang dapat bertahan hingga 268 tahun ke depan.

Besaran cadangan tersebut menjadi peluang besar pengembangan ekosistem industri pengolahan logam mulia yang saat ini masih terbatas pada perhiasan dan investasi dalam bentuk emas batangan atau koin emas.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa ada peluang untuk pengembangan industri hilir emas yang lebih luas dari hanya perhiasan dan investasi. “Perlu dirintis pendukung industri komponen untuk industri elektronik dan otomotif,” kata Arifin dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi VII DPR pada Rabu (24/5).

Arifin menambahkan, pemerintah sedang mengembangkan proses bisnis industri pertambangan mineral dari sisi hulu sampai ke hilir. Kementerian ESDM bertugas untuk mengurusi aspek eksplorasi hingga pengolahan dan pemurnian pada smelter yang terintegrasi dengan tambah.

Sementara Kementerian Perindustrian diwajibkan untuk mengelola sisi hilir lewat pengolahan dan pemurnian pada smelter mandiri (stand alone) sampai dengan pengembangan industri lanjutan menjadi produk akhir.

“Untuk pengembangan penggunaan emas dan perak untuk teknologi, bank sentral, perangkat makan dari perak dan fotografi,” ujar Arifin.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...