PoD Blok Masela akan Dievaluasi Imbas Lambatnya Proses Divestasi Shell

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Mei 2023, 18:38
blok masela, skk migas, migas, blok migas, pertamina
Arief Kamaludin | Katadata
SKK Migas akan mengevaluasi rencana pengembangan atau Plan of Development Blok Masela, seiring lambatnya proses divestasi Shell di blok tersebut.

SKK Migas berencana untuk mengevaluasi rencana pengembangan atau Plan of Development (PoD) Blok Masela. Langkah ini ditujukan untuk mempercepat pengembangan lapangan yang memiliki cadangan gas sebesar 4 triliun kaki kubik (TCF) tersebut.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa pihaknya tengah meninjau PoD yang telah disusun oleh Inpex Corporation sebagai operator sekaligus pemegang saham mayoritas 65% Blok Masela.

"Kalau pemegang hak partisipasi tidak melaksanakan PoD yang sudah disetujui, tentu pemerintah mengambil langkah-langkah supaya mengatasi apa saja yang menjadi sebab penundaan," kata Dwi di Gedung Nusantara I DPR pada Rabu (24/5).

Di sisi lain, SKK Migas menyayangkan sikap Shell yang tak kunjung melepas 35% hak partisipasi mereka kepada PT Pertamina. Hal tersebut berdampak negatif pada upaya pemerintah untuk mempercepat monetisasi proyek gas alam cair yang terletak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku tersebut.

"Isu pelepasan hak partisipasi Shell menjadi salah satu faktor Inpex tidak bisa jalan. Diharapkan kontraktor dan pemegang hak partisipasi bertanggung jawab atas PoD yang disetujui bersama," ujar Dwi.

Proses divestasi saham Shell ke pihak pemerintah sebenarnya sudah direncanakan sejak 2020. Namun, hal tersebut belum terlaksana karena sikap Shell yang menahan diri untuk keluar dari pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...