Arab Saudi Ancam Spekulan Harga Minyak Jelang Pertemuan Rutin OPEC

Happy Fajrian
25 Mei 2023, 11:40
harga minyak, arab saudi, opec
ANTARA FOTO/REUTERS/Ahmed Yosri/hp/cf
Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengancam spekulan harga minyak akan merugi jelang pertemuan rutin OPEC.

Arab Saudi mengancam para spekulan harga minyak jelang pertemuan bulanan OPEC dan sekutunya, atau OPEC+, untuk memutuskan kebijakan di pasar minyak global.

Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan bahwa dia berjanji akan membuat para spekulan pasar yang bertaruh pada jatuhnya harga minyak dan mencari keuntungan dari kenaikan harga minyak usai pertemuan OPEC, merugi.

“Para spekulan, seperti di pasar mana pun, mereka akan bertahan. Saya terus menasihati mereka bahwa mereka akan merugi seperti mereka merugi pada bulan April, saya peringatkan mereka untuk berhati-hati,” ujarnya seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (25/5).

Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar dunia, dan produsen OPEC+ lainnya mengumumkan pemotongan sukarela yang mengejutkan pada April yang mengangkat harga setelah kemerosotan yang didorong oleh kekhawatiran bahwa krisis perbankan dapat berdampak pada permintaan.

Analis di bank Standard Chartered mengatakan dalam sebuah catatan minggu ini bahwa posisi spekulatif pendek sekarang sama bearishnya seperti pada awal pandemi pada tahun 2020.

“Kami pikir penumpukan terbaru dalam posisi jual secara signifikan meningkatkan kemungkinan pengurangan produksi lebih lanjut ketika OPEC+ bertemu,” kata para analis.

Harga minyak berjangka Brent hari ini diperdagangkan di level US$ 78,32 per barel atau sekitar US$ 10 di bawah puncaknya setelah OPEC+ mengumumkan pemotongan tambahan pada bulan April. Anggota OPEC+ dijadwalkan bertemu pada 4 Juni di Wina untuk memutuskan tindakan selanjutnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...