Mulai Hari Ini Beli BBM Bersubsidi di Jakarta Wajib Daftar MyPertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
25 Mei 2023, 12:03
bbm bersubsidi, mypertamina, bbm, pertamina
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Petugas memindai QR Code pengendara yang akan mengisi bahan bakar jenis solar subsidi di salah satu SPBU di kawasan Sanur, Denpasar, Bali, Rabu (25/1/2023).

PT Pertamina mulai menerapkan implementasi pembelian BBM bersubsidi Solar dengan skema full registran di wilayah DKI Jakarta pada hari ini, Kamis (25/5).

Dengan mekanisme tersebut, konsumen harus sudah terdaftar di program subsidi tepat MyPertamina meski tidak menunjukan QR Code yang diperoleh sebagai syarat pembelian BBM bersubsidi. Sedangkan yang belum terdaftar tidak dapat dilayani.

Advertisement

Pjs. Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Joevan Yudha Achmad, menjelaskan bahwa skema full registran adalah pengaturan kendaraan konsumen yang sudah terdaftar dapat melakukan pembelian BBM bersubsidi meskipun tidak membawa QR code.

Selain Jakarta, ketetapan tersebut juga berlaku untuk wilayah Kabupaten dan Kota Bogor serta Kota Depok. Langkah ini merupakan rangkaian dari upaya Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat untuk melakukan percepatan implementasi transaksi BBM Subsidi Tepat.

"Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memperluas implementasinya pada Kamis hari ini di Provinsi DKI Jakarta, Kota dan Kabupaten Bogor serta Kota Depok," kata Joevan dalam siaran pers pada Kamis (25/5).

Dia menambahkan, implementasi full registran untuk pembelian BBM bersubsidi Solar di Jakarta mulai aktif sejak hari ini, kecuali di Kabupaten Kepulauan Seribu yang baru akan menyusul pada 8 Juli 2023.

Skema Full Registran sudah lebih dulu diterapkan di Provinsi Banten dan sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Barat. Data penjualan yang dikumpulkan dari area Bandung, Banten, Karawang, Cirebon dan Sukabumi, menunjukan transaksi pembelian solar subsidi di periode 16 Mei sampai 23 Mei 2023 mencapai 93,5% atau 1.471.267 transaksi.

“Kami mengharapkan kerja sama masyarakat untuk mendukung upaya Pertamina selaku eksekutor agar dapat menyalurkan BBM subsidi tepat sasaran dan tepat volume," ujar Joevan.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement