ESDM Siapkan Peta Jalan Konversi Motor Listrik Usai Insentif Berakhir

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Mei 2023, 11:35
konversi motor listrik, insentif kendaraan listrik, subsidi motor listrik
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Pekerja memasang instalasi kendaraan listrik di Elders Elektrico, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (31/3/2023). Konversi motor berbasis bahan bakar minyak ke motor listrik dipatok seharga Rp14 juta hingga Rp25 juta dengan jarak tempuh rata-rata 60 kilometer.

Kementerian ESDM telah menyiapkan peta jalan yang diharapkan dapat menjamin keberlanjutan ekosistem konversi motor listrik dari motor BBM. Peta jalan tersebut dinilai dapat menjadi acuan pengembangan konversi motor listrik mengingat insentif Rp 7 juta hanya berlaku selama dua tahun dengan kuota terbatas.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, mengatakan pihaknya tengah membangun infrastruktur hulu dan hilir untuk menjaga laju pengembangan konversi motor listrik seusai program insentif berakhir pada 2024 dengan kuota 200.000 unit.

Secara bertahap, Kementerian ESDM mulai mengembangkan mengembangkan industri hulu baterai hingga infrastruktur pendukung untuk pengisian listrik dan penukaran baterai umum.

Pemerintah juga sedang membangun industri lokal untuk komponen utama seperti brushless DC motor, electronic control unit dan komponen pendukung lainnya sehingga secara bertahap terjadi penguasaan produksi secara utuh.

Lebih lanjut, kata Dadan, pemerintah juga tengah merumuskan pengembangan pengolahan baterai bekas untuk membentuk ekosistem ekonomi sirkular. "Tentu pemerintah juga akan meningkatkan jumlah dan penyebaran bengkel konversi di seluruh provinsi di Indonesia," kata Dadan kepada Katadata.co.id, Selasa (30/5).

Kementerian ESDM menyampaikan telah ada 278 permohonan pengajuan insentif konversi motor BBM menjadi motor listrik hingga 29 Mei. Proses konversi dari program yang berjalan sejak Maret 2023 itu akan dilaksanakan oleh enam unit bengkel pelaksana konversi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...