Gelar Pertemuan Rutin, OPEC Pertimbangkan Pangkas Lagi Produksi Minyak

Happy Fajrian
3 Juni 2023, 15:22
opec, harga minyak
Katadata
OPEC dikabarkan tengah mempertimbangkan pemangkasan produksi minyak lagi untuk menopang harga minyak yang terus merosot.

Kartel minyak global, OPEC, dan sekutunya termasuk Rusia, atau lebih dikenal dengan OPEC+, dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk kembali melakukan pemangkasan produksi minyak pada pertemuan rutin yang berlangsung hingga Minggu (4/6).

Kekhawatiran rencana pemangkasan produksi lanjutan menopang kenaikan harga minyak pada perdagangan akhir pekan, Jumat (2/6).

Harga minyak berjangka Brent terpantau naik US$ 1,85 atau 2,49% menjadi US$ 76,13 per barel. Sedangkan minyak mentah Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) naik US$ 1,64 atau 2,34% menjadi US$ 71,74.

OPEC+ dijadwalkan untuk mengadakan tiga pertemuan terpisah mulai akhir pekan ini dan berakhir pada 4 Juni. Dikabarkan kartel minyak global tersebut berencana kembali memangkas produksi minyak 1 juta barel per hari (bph).

Meskipun sentimen umum saat ini grup tersebut diyakini akan mempertahankan status quo sejauh menyangkut target produksi. Simak perkembangan harga minyak Brent pada databoks berikut:

Tetapi Menteri Energi Arab Saudi telah membuat ancaman keras terhadap spekulan minyak menjelang pertemuan tersebut, dengan mengatakan bahwa spekulan harga minyak akan merasakan kerugian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...