Arab Saudi Potong Produksi 1 Juta bph, Harga Minyak Diramal Naik US$ 6

Happy Fajrian
5 Juni 2023, 16:40
harga minyak, produksi minyak, arab saudi
Katadata
Ilustrasi kilang minyak.

Harga minyak mentah bisa naik sekitar US$ 6 per barel setelah Arab Saudi mengumumkan pemotongan produksi sebesar 1 juta barel per hari (bph). Goldman Sachs melihat efek pemotongan berkisar antara US$ 1-6 per barel tergantung pada berapa lama pemotongan dipertahankan.

“Ini tidak banyak, yang berarti tekanan resesi terus memberikan pengaruhnya terhadap pedagang komoditas tetapi juga terhadap permintaan minyak yang sebenarnya,” kata Goldman Sachs, seperti dikutip dari ZeroHedge, Senin (5/6).

Analis pasar Reuters John Kemp melaporkan minggu lalu bahwa sektor manufaktur Amerika Serikat (AS) secara resmi berada dalam resesi, dengan aktivitas kontraksi selama tujuh bulan berturut-turut. “Hal ini menyebabkan penurunan permintaan bahan bakar diesel dan sulingan menengah lainnya, serta konsumsi listrik industri,” ujarnya.

Harga minyak naik sekitar 1% setelah dimulainya perdagangan minggu ini, yang merupakan bukti bahwa para pedagang mengharapkan pengumuman pengurangan pasokan tambahan, seperti yang telah diprediksi oleh para analis.

“Hedge fund mempercepat penjualan Energi AS di tengah penurunan harga minggu ini. Penjualan bersih nasional minggu ini di Energi AS adalah yang terbesar dalam 10 minggu dan menempati peringkat dalam persentil ke-97 vs lima tahun terakhir,” tulis analis Goldman.

Bank investasi asal AS itu memperkirakan bahwa short-selling atau spekulasi akan berbalik sehubungan dengan kebijakan OPEC+ terbaru.

Menurut wakil presiden senior penelitian pasar minyak Rystad Energy, Jorge Leon, pengurangan produksi minyak Saudi hanya akan memiliki efek jangka pendek pada harga pasar kecuali jika diperpanjang melampaui Juli, ketika akan mulai berlaku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...