Harga Minyak Jatuh Lebih 2% Terbebani Sentimen Pelemahan Ekonomi Dunia

Happy Fajrian
6 Juni 2023, 18:30
harga minyak
Dok. Chevron

Harga minyak jatuh lebih 2% pada perdagangan Selasa (6/6) sore di Asia karena kekhawatiran perlambatan ekonomi membayangi sentimen pemangkasan produksi minyak yang lebih dalam oleh Arab Saudi.

Minyak mentah Brent turun US$ 1,5 atau 1,96% menjadi US$ 75,21 per barel. Sementara Minyak mentah Amerika Serikat (AS) West Texas Intermediate (WTI) turun US$ 1,47 atau 2,04% menjadi US$ 70,68 per barel.

Sehari sebelumnya, Brent sempat naik hingga US$ 2,6 per barel, sedangkan WTI naik US$ 3,3 setelah Arab Saudi, eksportir minyak utama dunia, menyatakan akan memangkas produksinya sebesar 1 juta barel per hari (bph) menjadi 9 juta bph mulai Juli.

Tetapi permintaan yang lebih lemah, pasokan non-OPEC yang lebih kuat, potensi resesi di AS dan Eropa, serta pertumbuhan yang lebih rendah di Cina berarti pemotongan oleh Arab Saudi tidak mungkin mendukung kenaikan harga yang berkelanjutan ke sekitar US$ 90,” kata analis Citi.

Penurunan harga minyak Brent yang harganya saat ini nilainya lebih tinggi daripada bulan-bulan berikutnya, semakin tajam setelah pengumuman akhir pekan dengan spread enam bulan mencapai level tertinggi lima minggu di US$ 2,20 per barel pada hari Senin, turun menjadi sekitar US$ 1,96 pada Selasa.

“Pasar tetap fokus pada risiko permintaan dengan kekhawatiran resesi meningkat pada miss berbasis luas di IMP jasa AS yang memberikan ruang untuk jeda suku bunga Fed,” kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...