Pertamina Targetkan Proyek Kilang Tuban Berjalan 2028, Mundur 2 Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Juni 2023, 13:18
kilang tuban, pertamina,
Dok. Pertamina
Ilustrasi, kilang Pertamina Refinery Unit II.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) memproyeksikan proyek kilang New Grass Root Refinery (NGRR) Tuban, Jawa Timur dapat berjalan pada 2028 atau mundur dua tahun dari target awal perseroan pada 2026.

Direktur Utama KPI, Taufik Aditiyawarman, mengatakan perusahaan masih berupaya untuk menyelesaikan pemilihan penasihat keuangan atau financial advisor. Nantinya, pihak tersebut diminta untuk membuat pemodelan keuangan yang sejalan dengan kebutuhan proyek strategis nasional (PSN) itu.

Advertisement

"Financial modeling untuk kilang ini supaya bankable dan marketable. Untuk konstruksi, selesai paling tidak di 2028," kata Taufik di Grha Pertamina Jakarta pada Selasa (6/6).

Taufik melanjutkan, pihaknya kini terus mengejar target penyelesaian Financial Investment Decision (FID) Kilang Tuban maksimum pada kuartal pertama 2024.

Kilang Tuban merupakan proyek kerja sama antara PT Pertamina dengan perusahaan Rusia, Rosneft. Pertamina dan Rosneft bahkan telah menandatangani kontrak desain Kilang Tuban dengan kontraktor terpilih pada Oktober 2019.

Kilang dengan nilai Investasi proyek mencapai US$ 3,8 miliar atau sekitar Rp 54,2 triliun itu dibangun dengan kapasitas pengolahan 300 ribu barel per hari yang diperkiraan dapat menghasilkan 30 juta liter BBM per hari untuk jenis gasoline dan diesel.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement