Namanya Disebut Puan Masuk Radar Cawapres Ganjar, ini Tanggapan AHY

Ade Rosman
7 Juni 2023, 20:10
agus harimurti yudhoyono, ahy, demokrat, pdip
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan menghormati apa yang disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang mengungkapkan dirinya masuk sadar sebagai salah satu calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo.

"Saya menghormati siapapun yang memberikan sikap atau pernyataan, bagi saya demokrasi adalah ruang yang bebas, ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu," kata AHY, di DPP Demokrat, Jakarta, Rabu (7/6).

Ia mengatakan, Partai Demokrat terus membuka komunikasi dengan siapapun hingga kini. "Politik Indonesia memang harus cair, kita bukan politik pembelahan sebetulnya," katanya.

Sebelumnya, Puan mengungkapkan hal tersebut di sela-sela agenda Rakernas PDIP, Selasa (5/6). Pada agenda itu, nama AHY disebut puan bersama beberapa tokoh lainnya yang dinilai masuk sebagai pendamping Ganjar dalam Pilpres 2024.

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya, kan?" kata Puan.

Di sisi lain, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan pernyataan Puan tersebut menunjukkan KPP diperhitungkan pihak lainnya. “Menunjukkan Mas AHY memang pemimpin berkualitas, dan itu menunjukkan KPP memang diperhitungkan banyak pihak,” katanya.

Adapun, saat ini Partai Demokrat telah tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan bersama Partai NasDem dan PKS.

Ketiga partai politik tersebut sepakat mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024. Namun, hingga kini Anies masih belum memutuskan siapa cawapres yang akan mendampinginya nanti.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...