ESDM akan Memulai Proyek Cisem Tahap II Setelah Tahap I Rampung 100%

Happy Fajrian
9 Juni 2023, 18:19
pipa gas, proyek cisem,
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/tom.
Pekerja mengecek pemasangan pipa gas usai kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Stasiun ESDM Batang KITB, Batang, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan pemerintah akan melanjutkan pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) ke tahap II ruas Batang-Kandang Haur Timur pada 2024 setelah tahap I ruas Semarang-Batang rampung seluruhnya.

“Kalau sudah selesai tahap I ini, kita sambung ke tahap II,” ujarnya dalam kunjungan kerja ke proyek pembangunan pipa Cisem tahap I ruas Semarang-Batang di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah, Rabu (7/6).

Arifin mengatakan anggaran untuk pembangunan pipa Cisem tahap II sedang dalam tahap penyelesaian dan termasuk dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dengan skema tahun jamak atau multi-years contract periode 2024-2025.

Menurut dia, pembangunan Cisem tahap II yang diperkirakan menelan biaya sekitar Rp 3,3 triliun tersebut akan dimulai proses lelangnya pada 2023. Proyek ini akan mencakup pipa sepanjang 240 kilometer (km) atau empat kali lipat dibandingkan dengan tahap I.

Kementerian ESDM mengalokasikan pendanaan sekira Rp 923,7 miliar pada 2024 untuk proyek pembangunan Pipa Gas Bumi Cirebon-Semarang atau proyek Cisem tahap II ruas Batang-Cirebon-Kandang Haur Timur.

Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji mengatakan bahwa kebutuhan anggaran multiyears contract proyek pengerjaan pipa gas bumi Cisem tahap II untuk tahun 2024 masih kurang Rp 361,2 miliar.

"Dapat kami laporkan juga untuk program pembangunan transmisi pipa gas bumi Cisem tahap II pada tahun 2024 ditargetkan sebesar pagu indikatif Rp 923,7 miliar," kata Tutuka dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Selasa (6/6).

Halaman:
Reporter: Antara, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...