Harga Minyak Terus Merosot, Harga BBM Berpeluang Turun Bulan Depan

Mela Syaharani
9 November 2023, 12:06
harga minyak, harga bbm
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina Jalan Riau, Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/62023).

Harga BBM berpeluang untuk turun pada bulan depan seiring terus merosotnya harga minyak dunia dan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP).

Minyak mentah Brent dan West Texas Intermediate (WTI), yang menjadi harga acuan dunia, turun di bawah level US$ 80 per barel. Sementara itu Kementerian ESDM menetapkan ICP Oktober 2023 US$ 86,71 per barel, turun US$ 3,45 dibandingkan bulan sebelumnya US$ 90,17 per barel.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan dengan adanya penurunan harga minyak, turut memberi dampak bagi harga BBM.

Saleh menyebut penetapan harga eceran BBM non subsidi mengikuti formula, yang salah satu faktor utama adalah harga minyak dunia. “Sehingga jika harga minyak mentah turun maka harga BBM non subsidi juga turun,” kata Saleh saat dihubungi Katadata pada Kamis (9/11).

Penetapan harga BBM non subsidi ini berbeda dengan BBM bersubsidi. Sebab Saleh menyebut harga ini ditentukan berdasarkan penetapan pemerintah. “Berdasarkan penetapan pemerintah dan dipatok di bawah harga keekonomian agar terjangkau oleh masyarakat,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...