Bantu Mitra selama PSBB, Gojek Layani Pesan Antar Sembako dan Pangan

Perluasan layanan ini sekaligus memfasilitasi konsumen agar tidak keluar rumah selama masa PSBB.
Image title
11 April 2020, 20:51
gojek, psbb, jakarta
gojek
Gojek memperluas layanan pesan antar untuk memfasilitasi konsumen agar tetap tinggal di rumah dan menjaga penghasilan mitra pengemudi di masa status PSBB di Jabodetabek.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Gojek memperluas layanan pesan antar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta. Tujuannya untuk memutus rantai penularan virus corona.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan adanya PSBB membuat pergerakan seluruh masyarakat terbatas. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi masyarakat seluruh layanan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan terus memfasilitasi mitra pengemudi agar terus mendapatkan penghasilan.

Perluasan layanan tersebut yakni meliputi layanan GoFood, GoMart, GoShop, GoSend, dan GoFresh. "Kami telah mempersiapkan sejumlah langkah agar dapat terus beroperasi sebaik mungkin dengan tetap mengutamakan prosedur keamanan dan kesehatan, terutama di masa pasca pemberlakuan PSBB,” ujar Kevin melalui siaran pers, Sabtu (11/4).

Selain itu, masyarakat yang berbelanja menggunakan layanan GoFood dari Pasar Mitra Tani milik Kementerian Pertanian ongkos kirim dengan minimal belanja sebesar Rp 40 ribu akan ditanggung pemerintah. Namun, layanan itu hanya dapat melayani pengantaran dengan radius maksimal 25 kilometer.

(Baca: Gojek dan Grab Setop Fitur Angkut Penumpang Ojol selama PSBB Jakarta)

Tak hanya itu, melalui layanan GoFood seluruh masyarakat dapat belanja di toko ritel modern seperti gerai Alfamart, Indomaret, FamilyMart, Lawson dan Circle K terdekat. “Masyarakat akan semakin membutuhkan jasa pesan antar makanan dan barang pokok agar mereka bisa beraktivitas senormal mungkin di masa PSBB ini," kata Kevin.

Perluasan wilayah tak berhenti di situ, layanan GoCar masih dapat melayani seluruh masyarakat yang terpaksa harus meninggalkan rumah. Layanan GoCar akan dilengkapi dengan pengukuran suhu tubuh, hand sanitizer, serta masker untuk mitra driver dan penumpang.

Aturan physical distancing dipertegas dengan pengelolaan antrian aman lengkap dengan stiker penanda dan petugas terlatih. Adapun bagi merchant UMKM mitra GoFood program Hari Kuliner Nasional (Hakunas) masih akan digelar. Program yang diluncurkan beberapa hari sebelum PSBB ini melibatkan 55 ribu outlet UMKM GoFood di awal periode. 

Dalam program Harkulnas ini, merchant UMKM berkesempatan melakukan promosi dan tampilan khusus di halaman utama GoFood. Sementara, para pelanggan berkesempatan mendapat voucher promo ongkos kirim.

(Baca: Asosiasi Ojol Minta Gojek dan Grab Diskon Biaya Bagi Hasil Imbas PSBB)

“Harkulnas GoFood memasuki tahun ketiga dan terbukti efektif dalam mendorong volume transaksi merchant kami. Di tahun 2019 program itu mencatat total nilai transaksi mitra merchant GoFood yang terlibat program ini meningkat sebesar 42%, sementara rata-rata nilai transaksi tiap merchant meningkat sebesar 21%," kata dia.

Dengan diterapkannya program-program tersebut diharapkan dapat terus menggerakkan roda perekonomian, khususnya mitra pengemudi yang kehilangan sebagian pendapatan akibat dilarang mengangkut penumpang selama masa PSBB.

Menurut Chief of Corporate Affairs PT Gojek Indonesia Nila Marita, kebijakan ini dilakukan untuk mematuhi kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

“Adapun layanan transportasi roda empat GoCar dan GoBlueBird juga masih tersedia dengan maksimal jumlah penumpang 2 orang agar physical distancing bisa tetap terjaga,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (10/4).

(Baca: Kementan Distribusikan 11 Bahan Pokok Lewat Gojek & Gratis Ongkir)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait