Seperti Tokopedia, E-Commerce Lain Blokir Penjual Nakal di Masa Corona

Cindy Mutia Annur
24 Maret 2020, 20:39
tokopedia, bukalapak, blibli, lazada, shopee, penjual nakal, e commerce, virus corona, pandemi corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Harga masker sempat melambung tinggi di platform e-commerce, memanfaatkan kondisi pandemi corona yang terjadi. Tokopedia dan e-commerce lainnya pun menindak tegas penjual-penjual nakal yang melambungkan harga di platformnya masing-masing.

Tokopedia telah memblokir permanen ribuan akun pelapak yang menjual produk kesehatan seperti masker kesehatan dan hand sanitizer dengan harga tinggi jauh di atas harga pasar, memanfaatkan wabah virus corona Covid-19.

Tak hanya Tokopedia, beberapa e-commerce lainnya mengambil langkah serupa dalam menangani pelapak-pelapak nakal. Seperti Shopee yang juga telah menutup ribuan akun penjual nakal, atau Blibli yang memberi peringatan keras dan menangguhkan penjualan produk terkait.

Advertisement

"Hingga saat ini kami telah menutup lebih dari 3 ribu akun penjual nakal yang melanggar aturan seperti melambungkan harga jauh di atas harga pasar, menggunakan judul serta deskripsi yang memanfaatkan dampak wabah virus Covid-19," ujar Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi kepada Katadata.co.id, Selasa (24/3).

Dia menegaskan bahwa  perusahaan selalu berupaya memenuhi barang-barang khususnya kebutuhan pokok dan produk kesehatan bagi pengguna di tengah situasi pandemi corona. Shopee juga turut mengimbau masyarakat untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah dengan memberikan akses terhadap kebutuhan melalui kampanye #BelanjaDariRumah.

(Baca: Tokopedia, OVO, dan Grab Patungan Donasi Rp 3 Miliar Lawan Corona )

Sehingga, penting bagi perusahaan untuk selalu memantau situasi terkini. "Termasuk situasi di dalam aplikasi terkait ketersediaan serta harga dengan berkomunikasi terus dengan para mitra penjual untuk memastikan harga yang dijual sesuai," ujarnya.

Senada,  Senior Key Account Manager Consumer Goods Blibli Priscilia Cynthia mengatakan bahwa pihaknya terus memantau  produk-produk yang dijual di atas harga pasaran. "Kami akan melakukan peringatan keras dan penangguhan produk jika menemukan merchant yang menyalahi aturan," ujarnya kepada Katadata.co.id. 

Priscilia mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan produk dengan harga yang sesuai di platformnya agar seluruh pelanggan dapat berbelanja dengan nyaman.

Sementara itu Lazada mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menindak penjual yang menjual produk kesehatan maupun bahan pokok dengan harga melampaui batas wajar di pasar.

(Baca: Tokopedia Blokir Permanen Ribuan Akun yang Jual Mahal Produk Kesehatan)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement