Setahun Beroperasi, Gojek Thailand Gaet 40 Ribu Mitra Pengemudi

Hanya dalam 8 bulan pertama operasionalnya, Get, unit usaha Gojek di Thailand, berhasil mencatatkan 10 juta transaksi.
Cindy Mutia Annur
3 Maret 2020, 16:31
get, gojek thailand,
Getthailand.com
Aplikasi Get, unit usaha Gojek di Negeri Gajah Putih, Thailand. Dalam setahun operasionalnya, jumlah mitra driver Get melonjak menjadi 40 ribu mitra.

Unit usaha Gojek di Thailand, Get, telah beroperasi selama setahun di negara tersebut. Perusahaan pun mencatat selama setahun beroperasi di Negeri Gajah Putih jumlah mitranya meningkat hingga empat kali lipat menjadi 40 ribu driver, serta aplikasinya telah diunduh lebih dari 2,2 juta pengguna.

Tercatat, dalam tiga bulan pertama operasionalnya, Get mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pemain layanan pesan-antar makanan terkemuka di Bangkok. Dalam 8 bulan pertama perusahaan berhasil mencatatkan 10 juta transaksi.

CEO Get Pinya Nittayakasetwat mengatakan, pencapaian ini turut mengukuhkan komitmen perusahaan dalam menciptakan lebih dari 60 ribu peluang pekerjaan bagi para mitranya. Dia optimistis ke depan perusahaan memiliki peluang besar untuk pertumbuhan bisnisnya.

"Kami ingin menciptakan dampak sosial yang positif, memastikan keberhasilan mitra kami dan memberikan nilai bagi pelanggan kami akan terus secara konsisten kami lakukan," ujar Pinya dalam siaran pers, Selasa (3/3).

Advertisement

(Baca: Get, Gojek Versi Thailand Resmi Beroperasi di Bangkok)

Sependapat dengan Pinya, Group Head Gojek Andrew Lee pun optimistis industri perusahaan bisa terus tumbuh di Thailand. Andrew menilai Get telah memainkan peran penting dalam memacu pertumbuhan eksponensial bisnis pesan-antar makanan Gojek di Asia Tenggara.

"Sekarang Get merupakan layanan pesan-antar makanan berbasis aplikasi terbesar di kawasan ini berdasarkan volume pesanan," ujar Andrew.

Industri pesan-antar makanan online Thailand pun diperkirakan akan tumbuh 31% di tahun mendatang. Andrew mengatakan, Get Food merupakan salah satu layanan utama Get, yang dengan lebih dari 20 ribu mitra merchant-nya,  terus memainkan peran signifikan dalam kehidupan masyarakat Bangkok sehari-hari.

"Wawasan dan pengalaman yang diperoleh dari menjadi pionir dan pemimpin di Indonesia melalui brand GoFood membawa keberhasilan dalam mengembangkan model bisnis di wilayah Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Vietnam," ujar Andrew.

(Baca: Gojek Kenakan Biaya Tambahan di Singapura & Naikan Tarif GoCar di RI)

Mulanya, Get meluncurkan tiga layanan utama yakni layanan transportasi Get Win, layanan pesan-antar makanan Get Food, dan layanan pengantaran barang Get Delivery. Pada April lalu, layanan pembayaran digital Get Pay pun diperkenalkan dalam versi beta.

Di samping itu, bisnis Gojek di Vietnam, GoViet, yang diluncurkan di Ho Chi Minh City pada November 2018 dan di Hanoi pada Maret 2019, diklaim telah menjadi pemimpin dalam layanan pengiriman makanan di negara tersebut. Saat ini terdapat lebih dari 1 juta item menu dapat ditemukan di aplikasi GoFood di Vietnam.

Sejak 2015, jumlah pemesanan makanan GoFood di Asia Tenggara meningkat sebanyak 30 kali lipat, dengan rata-rata jumlah pesanan mencapai 50 juta per bulan di akhir tahun 2019. Sedangkan, pertumbuhan jumlah mitra merchant meningkat 17 kali lipat menjadi 500 ribu merchant serta ada lebih dari 16 juta item menu yang ditawarkan ke pelanggan.

(Baca: Serius Garap Vietnam, Anak Usaha Gojek Rekrut Mantan Bos Facebook)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait