Gaspol dan Cyberjek, Dua Penantang Terbaru Gojek dan Grab

Cindy Mutia Annur
9 September 2019, 16:36
industri ride hailing, gojek, grab, penantang grab, ojek online
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ojek online melintas di kawasan Pinang Ranti, Jakarta Timur. Industri ride hailing kedatangan dua pemain baru sekaligus menjadi penantang dua pemain besar yang telah ada sebelumnya, Gojek dan Grab.

Bisnis berbagi tumpangan (ride hailing) kini kehadiran lagi dua pendatang baru sekaligus menjadi kompetitor bagi dua pemain besar yang telah ada sebelumnya, Gojek dan Grab. Mereka adalah Gaspol dan Cyberjeck, dua perusahaan ride hailing asal Depok yang menawarkan skema bisnis berbeda dari pemain yang telah ada.

Gaspol dimiliki oleh PT Gaspol Angkasa Surya yang merupakan singkatan dari Gerakan Anti Susah Pengemudi Online. Manajemen mengklaim bahwa perusahaan telah beroperasi sejak Juli lalu, dan saat ini telah memiliki sekitar 6 ribu mitra pengemudi yang bergabung di wilayah Jabodetabek, Bali, Lampung, Pontianak, dan Surabaya.

Sedangkan, hingga saat ini jumlah pengguna aktif di aplikasinya tercatat sudah mencapai 14 ribu pengguna. Untuk jumlah pengunduh aplikasinya mencapai lebih dari 10 ribu di Google Play Store.

General Manager Gaspol Tedy Loning mengatakan, perusahaan hingga saat ini belum meluncurkan aplikasinya secara resmi karena alasan ingin melakukan "gerakan bawah tanah" terlebih dahulu. Rencananya, bulan depan mereka akan meluncur secara resmi.

(Baca: Saingi Gojek, Grab Investasi Rp 7,2 triliun di Vietnam Selama 5 Tahun)

Skema bisnis Gaspol, menurutnya, berbeda dengan aplikator seperti Gojek dan Grab. Perusahaan tidak menentukan potongan untuk aplikator sebesar 20% secara langsung namun dibagi dalam beberapa bagian. "Skemanya (bisnis), terdiri dari 2% untuk tabungan mitra driver, 7% untuk bonus mereka, dan 11 % untuk aplikator," ujar Tedy saat dihubungi Katadata, Senin (9/9).

Tedy menjelaskan, perusahaan menawarkan sejumlah layanan bagi pengguna. Hanya saat ini baru tersedia layanan antar motor dan mobil saja melalui GasRide dan GasCar saja di aplikasinya.

Ke depan, Gaspol akan mengembangkan layanan kirim barang lewat GasSend, antar pesanan makanan lewat GasFood, layanan jasa laundry pakaian lewat GasWash, layanan angkut barang ukuran besar lewat GasPickUp, layanan pesan driver di lokasi lewat GasNow, dan layanan pesan driver dengan berlangganan lewat GasBooking.

Tedy melanjutkan, perusahaan memberikan bonus sebesar 2 % per perjalanan (trip) kepada mitra drivernya tidak secara per hari melainkan per minggu dan per bulan di mana bonus itu dapat dimanfaatkan oleh mereka sebagai tabungan yang dipotong secara otomatis.

(Baca: Dukung Wisata Danau Toba, Grab Luncurkan Grab Toba)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...