IndiHome Trending di Twitter, Telkom Ungkap Penyebab Layanan Terganggu

Layanan IndiHome Telkom sempat mengalami gangguan massal pagi ini lantaran salah satu DNS perusahaan tak berfungsi normal.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
13 Agustus 2020, 15:51
telkom, indihome, gangguan indihome
Arief Kamaludin|KATADATA
Telkom menjelaskan gangguan pada layanan IndiHome lantaran ada DNS yang tidak berfungsi normal.

Warganet mengeluhkan gangguan yang terjadi pada layanan internet IndiHome. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom mengungkapkan bahwa gangguan tersebut terjadi karena salah satu Domain Name Server (DNS) perusahaan tidak berfungsi normal.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan, gangguan massal mengakibatkan penurunan kualitas layanan IndiHome pagi ini (13/8) sekitar pukul 10.20 WIB di berbagai wilayah Indonesia.

"Adanya salah satu DNS yang tidak berfungsi normal menyebabkan trafik internet umumnya terputus selama 5-10 menit. Namun, ada beberapa lokasi seperti di wilayah Bekasi, Slipi, dan Bandung yang membutuhkan waktu pemulihan lebih lama hingga maksimal 25 menit," ujarnya kepada Katadata.co.id, Kamis (13/8).

Arif mengatakan bahwa saat ini layanan sudah pulih kembali. Dia pun memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan yang terdampak gangguan layanan IndiHome.

"Mewakili manajemen, kami memohon maaf kepada pelanggan yang terdampak dan merasakan ketidaknyamanan. Kami terus memantau layanan IndiHome secara keseluruhan," ujar Arif kepada Katadata.co.id, Kamis (13/8).

Sebagai informasi, DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Sistem inilah yang memungkinkan seseorang mengakses internet tanpa harus mengetikkan IP address sebuah website.

Karena normalnya, untuk mengakses internet, seseorang perlu mengetikkan IP address sebuah website secara lengkap. Misalkan, Google memiliki IP Address 172.217.0.142, dengan DNS seseorang cukup menuliskan Google.com pada penjelajah (browser) internetnya.

Berdasarkan situs trends24 Indonesia pukul 14.50 WIB, cuitan tentang 'IndiHome' telah diunggah oleh sekitar 56 ribu cuitan. Cuitan itu pun menempati urutan pertama di Twitter Indonesia.

Para netizen di Twitter mengeluhkan gangguan tersebut sebab banyak dari mereka yang terhambat aktivitasnya, terutama saat menjalani bekerja dan belajar secara online di rumah.

"Mari kita mulai lagi IndhiHome. Sekolah online + WiFi IndiHome = betapa hari yang menyenangkan," ujar akun @jeremyevan150.

"Terima kasih banyak untuk IndiHome untuk membuat saya dapat nilai jelek dalam kuis hari ini," ujar akun @asikinajaasoyy.

Bahkan, ada salah satu netizen yang mengunggah keluhan orang tua murid akibat gangguan jaringan internet tersebut. "Mas, ini wifinya kenapa mati nyala mati nyala, anak saya lagi ulangan sampai mau nangis," demikian dikutip dari unggahan gambar @adisieradikasi.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait