GrabExpress Tambah Lima Fitur Baru untuk Perkuat Bisnis Tahun Ini

Fahmi Ahmad Burhan
5 Februari 2021, 16:05
Peluncuran GrabExpress Car di Jakarta, Rabu (28/11).
Katadata/Linia Firsty Dea Shafira
Peluncuran GrabExpress Car di Jakarta. Grab Indonesia menambahkan lima fitur baru pada layanan GrabExpress.

Lini bisnis logistik Grab yakni GrabExpress menikmati peningkatan transaksi yang cukup signifikan sepanjang 2020. Untuk meningkatkan transaksi dan jumlah penggunanya pada tahun ini, perusahaan meluncurkan lima fitur tambahan pada layanannya, seperti fitur formulir pengiriman dan lacak paket.

Head of GrabExpress, Grab Indonesia Tyas Apsari mengatakan, secara keseluruhan pada 2020 transaksi GrabExpress melonjak. Namun ia tidak memerinci seberapa besar peningkatan transaksi tersebut.

Advertisement

"Peningkatan transaksi signifikan. Pertumbuhannya cukup tinggi, sama jika dibandingkan dengan lini bisnis Grab lain seperti GrabFood," kata Tyas dalam acara konferensi pers secara virtual pada Jumat (5/2).

Pada April tahun lalu, Grab sempat mencatatkan kenaikan transaksi GrabExpress hingga 40 %. Hal itu didorong oleh permintaan tinggi pada pengiriman makanan dan minuman, serta bahan pokok.

Tyas mengatakan bahwa pertumbuhan transaksi GrabExpress berkontribusi bagi peningkatan pendapatan perusahaan secara keseluruhan di tengah menurunnya kinerja bisnis transportasi atau berbagi tumpangan (ride-hailing) selama pandemi.

"Memang kami menghadapi tantangan untuk bisnis transportasi, tapi dari sisi GrabExpress, kami tumbuh signifikan," katanya.

Ia menambahkan peningkatan transaksi GrabExpress pada 2020 secara umum didorong oleh tren digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selama pandemi Covid-19. Banyak UMKM digital yang membutuhkan layanan jasa pengiriman yang cepat untuk mengantar barang konsumennya.

Pada tahun ini, ia memperkirakan tren layanan pengiriman barang akan terus berkembang. "Sebab, bukan hanya e-commerce, tapi kami juga melihat adanya social commerce yang jadi penggerak bisnis logistik pada 2021," ujar Tyas.

McKinsey pun memperkirakan, ada 1,6 miliar paket atas transaksi e-commerce yang dikirim setiap tahunnya pada 2022. Jumlah tersebut bisa lebih tinggi lagi mengingat layanan e-commerce semakin diminati selama pandemi sebagaimana databoks di bawah ini:

Lima Fitur Baru GrabExpress

Fitur pertama yang ditambahkan pada layanan GrabExpress yaitu penambahan formulir pengiriman barang di platform. Tyas menjelaskan bahwa, fitur ini dibuat berdasarkan masukan dari pengguna selama 2020.

Pasalnya pengguna sering kali mendapat kendala saat memasukan alamat pembeli. Melalui fitur tersebut, ada komunikasi antara pembeli dan UMKM pengguna layanan. Formulir tersebut akan mengecek akurasi dari titik lokasi pembeli. "Paket tidak salah alamat, mitra pengemudi juga tidak kesulitan," ujar Tyas.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement