Iklan Digital Diramal Melesat, Google, Meta, Amazon Bakal Raup Untung

Fahmi Ahmad Burhan
7 Desember 2021, 11:54
iklan digital, google, facebook, meta, amazon
Pexels.com
Ilustrasi.

Belanja periklanan global diramal tumbuh pesat pada tahun ini. Hal tersebut akan mendongkrak keuntungan bagi Google dan Meta, induk dari Facebook, yang saat ini mendominasi bisnis periklanan secara digital.

Perusahaan agensi periklanan GroupM memperkirakan bahwa belanja iklan global akan tumbuh 22,5% pada 2021 secara tahunan (year on year/yoy). Perusahaan periklanan lainnya Zenith menyebutkan, pertumbuhan belanja iklan tahun ini meningkat 15,6%.

"Ini mungkin tahun dengan pertumbuhan tercepat di industri periklanan," kata Global President, Business Intelligence GroupM Brian Wieser dikutip dari Reuters pada Selasa (7/12).

Director of Global Intelligence Zenith Jonathan Barnard mengatakan, pertumbuhan pesat di industri periklanan kemungkinan akan terus berlanjut pada 2022. Pertumbuhan pesat itu terdorong oleh tren mulai banyaknya merek global yang mengandalkan iklan secara digital di Google dan Facebook sejak pandemi Covid-19.

"Merek terus beriklan secara online saat pandemi dan mempromosikannya di jaringan e-commerce," kata Bernard.

Hal tersebut membawa keuntungan bagi raksasa teknologi digital seperti Google, Facebook, hingga Amazon. Bahkan, belanja iklan secara digital telah mendominasi pengeluaran iklan secara global, tidak termasuk di Cina.

GroupM mencatat, belanja iklan di Google hingga Facebook saat ini mencapai lebih dari setengah pengeluaran iklan global, porsinya meningkat dari sekitar 40% pada 2019.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...