Diramal Potensial 4-5 Tahun ke Depan, Tencent Kembangkan Teknologi XR

Fahmi Ahmad Burhan
29 Juni 2022, 09:34
tencent, metaverse, teknologi xr
Facebook Tencent
Tencent akan mengembangkan teknologi extended reality (XR) untuk lebih serius menggarap dunia metaverse.

Raksasa gim asal Cina, Tencent gencar mengembangkan teknologi extended reality (XR). XR merupakan teknologi imersif yang mencakup seluruh spektrum realitas. Teknologi ini dibantu oleh teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), XR dipandang sebagai blok bangunan metaverse.

Kepala game Tencent Steven Ma mengatakan bahwa perusahaan gencar mengembangkan teknologi XR karena meyakini teknologi tersebut potensial pada masa depan.

Advertisement

“Kami berharap dapat memanfaatkan kesempatan dalam 4-5 tahun ke depan untuk secara aktif bereksperimen pada software, konten, sistem, hingga tautan lainnya," katanya dikutip dari Reuters pada Rabu (29/6).

Ma mengungkapkan bahwa perusahaan telah mendirikan lini bisnis XR khusus. Lini bisnis ini akan menggabungkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) terkait XR.

Lini bisnis ini juga akan menciptakan ekosistem tertutup yang menyatukan kedua elemen tersebut. Akan ada banyak terobosan teknologi dibuat oleh unit XR, termasuk resolusi layar perangkat virtual reality (VR) yang lebih baik dan headset VR yang lebih ringan.

Tencent juga telah mengumumkan kepada staf-nya bahwa kini terdapat formasi resmi unit XR. Kemudian, Tencent akan memiliki lebih dari 300 staf untuk menempati unit XR-nya itu.

Sebelumnya, Tencent juga telah gencar menyasar metaverse. Awal tahun ini misalnya, Tencent dikabarkan berencana mengakuisisi merek ponsel game Black Shark.

"Melalui transformasi bisnis itu, konten dan software metaverse akan disediakan oleh Tencent, sementara Black Shark memproduksi perangkat kerasnya," demikian dikutip dari Gizmochina pada Januari (10/1).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait

Advertisement