Targetkan Profitabilitas Lebih Baik, Gojek akan Kurangi Bakar Uang

Lenny Septiani
28 Februari 2023, 20:29
gojek, promo, bakar uang
Gojek
Fitur GoTransit Gojek.

Unit bisnis on-demand service PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, Gojek akan mengurangi bakar uang atau pemberian promosi kepada pengguna untuk mencapai pertumbuhan yang berkualitas dan profitabilitas.

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi turunnya jumlah transaksi sebagai dampak berkurangnya pemberian promo untuk pengguna. "Namun, kami lebih targeted," katanya dalam diskusi Gojek Outlook 2023 di kantor Gojek, Selasa (28/2).

Ia mengatakan bahwa Gojek menargetkan pengguna yang berkualitas, bukan pengguna yang hanya mengincar promosi. "Kami lebih fokus pada pertumbuhan yang berkualitas atau high quality user," katanya.

Manurut Catherine, Gojek tak lagi mengejar volume, melainkan kualitas dan profitability. Untuk mengantisipasi berkurangnya jumlah transaksi, Gojek telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menjaga kinerja tetap bertumbuh. Salah satunya akan lebih selektif dalam memberikan promo.

Tiga strategi utama Gojek tersebut meliputi:

1. Inovasi teknologi
a. Layanan pesan antar makanan
- Machine learning: untuk rekomendasi makanan dan promo tepat sasaran
- Aksesibilitas: perluasan akses untuk memesan GoFood (GoFood di Tokopedia, web ordering)
- Penjadwalan pesanan GoFood
b. Fitur transportasi
- fitur Alokasi Prioritas
- promo GoPay Coins tepat sasaran
c. Layanan logistik
- fitur estimasi ongkir GoSend
- fitur draft order
- fitur penjadwalan pesanan GoBox

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...