Tingginya Harga Gas Bencana Bagi Industri Kendaraan Listrik di Eropa
Tingginya harga gas menjadi ancaman bagi masa depan industri kendaraan listrik di Eropa. Kenaikan harga listrik, terbatasnya ketersediaan serta biaya bahan baku, kekurangan suku cadang yang kronis, dan penurunan pendapatan yang dapat dibelanjakan berdampak besar pada produksi dan penjualan mobil di benua biru.
Jika tren ini berlanjut, dikhawatirkan juga akan berdampak pada investor yang kekurangan insentif untuk membangun fasilitas pengisian daya, sehingga membuat mobil listrik kurang diminati karena lebih tidak praktis untuk dikendarai karena kurangnya stasiun pengisian ulang daya.
Sampai baru-baru ini kepemilikan mobil listrik semakin menarik karena tingginya harga BBM mengikuti harga minyak. Tetapi sejak kenaikan harga listrik akibat ketatnya pasokan dan tingginya harga gas, perbedaannya harga listrik dan BBM semakin mengecil.
Kini pemilik mobil listrik harus membayar 10% lebih mahal untuk mengisi ulang daya kendaraannya. Harga listrik diprediksi akan terus naik karena fakta bahwa harga listrik terkait dengan harga gas, yang semakin langka sejak Rusia mematikan pasokan gasnya ke Jerman hampir dua minggu lalu.
Allego, salah satu operator stasiun pengisian terbesar di Jerman, menaikkan tarifnya pada awal bulan ini dari 43 sen (euro) per kilowatt jam (kWh) menjadi 47 sen. Tarif pengisian cepat, melalui arus kontinu, naik dari 65 sen menjadi 70 sen per kWh, sedangkan tarif pengisian daya ultra cepat naik dari 68 sen menjadi 75 sen per kWh.
Supermarket diskon, rantai DIY, dan toko furnitur yang sebelumnya menawarkan pengisian gratis daya mobil listrik kepada pelanggannya saat mereka berbelanja, sekarang mengenakan biaya.
Menurut ekonom otomotif Stefan Bratzel, perkembangan tersebut merupakan ancaman langsung bagi industri. “Ledakan harga listrik bisa menjadi bahaya akut bagi transisi kendaraan, dan kita harus sangat berhati-hati tentang itu,” katanya kepada media Jerman, seperti dikutip The Guardian, Senin (12/9).
“Jika mobil listrik menjadi lebih mahal untuk digunakan, lonjakan mobilitas listrik terancam runtuh, karena hampir tidak ada orang yang akan membeli mobil listrik,” kata Bratzel, yang juga pendiri Center for Automotive Management (CAM).
Dia dan pendukung mobil listrik lainnya sekarang meminta pemerintah Jerman untuk memastikan bahwa harga listrik tetap di bawah harga bensin, yang menurut mereka sangat penting untuk masa depan mobil listrik.
“Mobil listrik kehilangan daya tariknya,” Helena Wisbert, direktur Pusat Penelitian Otomotif yang berbasis di Duisburg, menulis dalam komentar baru-baru ini untuk harian ekonomi Handelsblatt.
Subsidi negara untuk mobil listrik akan dipotong setengahnya menjadi € 4.500 mulai 2023, sementara pembeli hibrida plug-in, yang saat ini menerima subsidi € 6.750 akan dicabut. Total subsidi akan dibatasi menjadi € 2,5 miliar, atau cukup untuk 400.000 mobil listrik, kurang dari 1% dari mobil di jalan-jalan Jerman.
Pengamat industri mengatakan mereka tidak percaya reformasi UE yang akan terjadi yang akan memisahkan harga listrik dari harga gas akan terjadi cukup cepat. “Dorongan ke pasar perlu berfungsi, dan sekarang, itu benar-benar sentral,” kata Bratzel dari CAM.
Salah satu usulan yang relatif cepat bisa diterapkan adalah menaikkan pajak kendaraan bermotor diesel dan mobil bensin. Saat ini mobil listrik tidak memenuhi syarat untuk pajak kendaraan. Mereka juga dapat menggunakan jalur bus dan tempat parkir yang tidak tersedia untuk mobil non-listrik.
Di Norwegia 64,5% mobil baru yang terdaftar tahun lalu adalah kendaraan listrik, menempatkannya di urutan teratas daftar yang disusun oleh Association of Produsen Mobil Eropa. Jerman berada pada urutan ke-6 dengan 13,6%, sedangkan Inggris di urutan ke-9 dengan 11,6%.
Pemerintah Norwegia diketahui sebagai pengadopsi awal pemberian insentif terhadap pembelian mobil listrik dengan dan telah mengembangkan jaringan pengisian daya yang tersebar luas.