Ramalan Beragam IHSG Ditekan Aksi Jual Asing, Berikut Saham Pilihannya

Investor asing sepanjang tahun ini telah membukukan penjualan bersih (net sell) saham hingga Rp 14,74 triliun di pasar reguler.
Image title
8 April 2020, 06:23
ihsg hari ini, prediksi ihsg, ramalan ihsg, rekomendasi saham, saham pilihan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
IHSG hari ini, Rabu (8/4), diprediksi bergerak bervariasi dengan kecenderungan naik. IHSG masih dalam tekanan jual investor asing yang telah membukukan net sell saham Rp 11,82 triliun di seluruh pasar.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (8/4) diramal bergerak bervariasi dengan kecenderungan naik. Adapun, indeks kemarin ditutup turun 0,69% ke level 4.778,64.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, IHSG hari ini bakal kembali bergerak fluktuatif dengan kecenderungan naik. Menurutnya, sentimen internal masih dari aliran modal asing keluar oleh investor asing yang tercatat melakukan penjualan pada saham-saham di dalam negeri.

Sepanjang tahun ini, atau secara year to date (ytd), investor asing membukukan penjualan bersih (net sell) saham di pasar reguler hingga Rp 14,74 triliun. Walaupun di pasar negosiasi/tunai investor asing masih memiliki catatan positif, yakni pembelian bersih (net buy) Rp 2,92 triliun

Secara teknikal dia memprediksi IHSG akan bergerak dengan rentang 4.697 hingga 5.000. "Namun kami melihat, bagaimana IHSG masih berkorelasi dengan indeks bursa luar negeri khususnya Amerika Serikat (AS). Sehingga masih ada peluang kenaikan IHSG ke depannya," kata William.

Advertisement

(Baca: Investor Asing Jual Saham Rp 404,2 Miliar, IHSG Ditutup Turun 0,69%)

Beberapa saham yang menjadi rekomendasi William untuk diperhartikan oleh investor, di antaranya:
- ELSA, Elnusa;
- INKP, Indah Kiat Pulp and Paper;
- LSIP, PP London Sumatra Indonesia;
- PNBN, Bank Pan Indonesia.

Senada, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG bergerak naik. Berdasarkan analisis teknikalnya, IHSG masih berpotensi naik dalam jangka pendek. Meski begitu, indeks masih tetap rentan mengalami koreksi.

Dia memprediksi IHSG akan bergerak dengan level resistance antara 5.080 hingga 4.929. Sementara, level support berada di antara 4.675 hingga 4.572. "Kekhawatiran akibat wabah covid-19 masih akan membayangi pergerakan," ujarnya.

Dennies memberikan beberapa rekomendasi saham kepada investor untuk perdagangan hari ini di antaranya:
- ASII, Astra International;
- MEDC, Medco Energi Internasional; 
- BBCA, Bank Central Asia;
- BBRI, Bank Rakyat Indonesia.

(Baca: Investor Makin Aktif, Analis Nilai Pasar Modal Tak Terpengaruh PSBB)

Di sisi lain, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi IHSG hari ini bakal melanjutkan koreksinya seperti kemarin. "Mengindikasikan adanya koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support," katanya.

Area support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.697,67 dan 4.529,48. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range pada 4.883,15 hingga 4.997,90.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain:
- ASRI, Alam Sutera Realty;
- ERAA, Erajaya Swasembada;
- EXCL, XL Axiata;
- GJTL, Gajah Tunggal;
- LPKR, Lippo Karawaci;
- PWON, Pakuwon Jati.

(Baca: 61 Emiten Bersiap Buyback Saham Senilai Rp 17,4 Triliun)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait