IHSG Dibuka Naik Signifikan Didorong Lonjakan Harga Minyak Pekan Lalu

Harga minyak naik signifikan sepanjang pekan lalu menjadi salah satu sentimen penopang IHSG pagi ini.
Image title
6 April 2020, 10:29
ihsg, harga minyak, pembukaan ihsg,
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
IHSG mengawali perdagangan awal pekan, Senin (6/4), dengan positif. Indeks naik menembus level 4.700 dan masih terus merangkak naik.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengawali perdagangan awal pekan ini, Senin (6/4), dengan positif. Hanya 10 menit usai perdagangan dibuka, IHSG langsung naik ke level 4.696,44 atau 1,57%. Hingga berita ini diturunkan, indeks masih terus melaju hingga menembus level 4.700.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan bahwa salah satu sentimen yang berpengaruh pada indeks hari ini terkait dengan kenaikan harga minyak pada pekan lalu. Harga minyak melonjak 25% pada Kamis (2/4) diikuti kenaikan 12% Jumat (3/4).

Menurutnya, harga minyak melambung tinggi akhir pekan lalu didorong oleh diskusi lebih lanjut mengenai penemuan antara Arab Saudi, Amerika Serikat (AS), dan Rusia. "Terkait dengan pemangkasan produksi yang akan dilakukan oleh kedua negara tersebut dengan AS sebagai mediatornya," kata Nico dalam risetnya hari ini.

Meski Arab Saudi dan Rusia belum mencapai kesepakatan terkait rencana pemangkasan produksi, sedangkan AS masih berproduksi dengan kapasitas penuh. Harga minyak mentah dunia kembali merosot pada perdagangan Minggu (5/4) atau Senin pagi waktu Indonesia.

Advertisement

(Baca: Dibayangi Corona, IHSG Diramal Naik dan Rekomendasi Saham Blue Chip)

Hingga perdagangan pukul 09.10 WIB, tercatat ada sebanyak 672,35 juta unit saham yang diperdagangkan dengan nilai yang mencapai Rp 556,95 miliar. Terdapat 197 saham yang bergerak naik, 64 saham yang turun, dan 95 saham sisanya stagnan.

Laju indeks pagi ini sejalan dengan kenaikan beberapa saham seperti PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) yang naik hingga 10,53% menjadi Rp 84 per saham. Begitu pula dengan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang naik 9,59% menjadi Rp 1.200 per saham.

Beberapa saham lainnya seperti PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP) naik 8,2% menjadi Rp 4.880 per saham. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) juga naik 9,31% menjadi Rp 5.225 per saham. Begitu pula dengan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) yang naik 8,49% menjadi Rp 460 per saham.

Adapun, kenaikan indeks pada perdagangan sejauh ini, sejalan dengan bursa-bursa di Asia lainnya. Hingga pukul 09.10 WIB, bursa Jepang Nikkei 225 dan Hang Seng di Hong Kong naik masing-masing 2,4% dan 0,79%. Begitu pula dengan bursa Singapura Strait Times yang dibuka naik 1,53%.

(Baca: Pasar Tak Yakin Akan Prospek Pasokan, Harga Minyak Turun 7,5%)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait