Paling Dalam se-Asia, IHSG Turun 1,16% ke level 5.953,06

Image title
28 November 2019, 17:49
ihsg hari ini, ihsg turun, ihsg 5000
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (28/11) turun 1,16% ke level 5.953,06. Turunnya IHSG menjadi yang terparah di antara bursa saham utama Asia lainnya.

Indeks harga saham gbungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (28/11), turun 1,16% ke level 5.953,06. Koreksi indeks dalam negeri ini menjadi yang terparah di antara bursa saham Asia lainnya yang juga berakhir dengan penurunan. 

Mengutip dari Bloomberg, indeks Nikkei 225 turun 0,12%, Hang Seng turun 0,22%, Shanghai Composite turun 0,47%, Strait Times turun 0,4%, serta Kospi turun 0,43%. Kemudian indeks utama Malaysia KLCI ditutup turun 0,21%, sedangkan indeks SET Thailan turun 0,66%.

Laju bursa saham Asia yang kompak terkoreksi ini sejalan dengan keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Rabu (27/11) waktu setempat menandatangani Undang-Undang (UU) pro-demokrasi di Hong Kong. Langkah AS ini dapat memperkeruh hubungan dengan Tiongkok yang saat ini tengah mencari jalan penyelesaian perang dagang.

(Baca: Harga Ayam Ras Diprediksi Naik, Analis Rekomendasi Saham Sektor Unggas)

Pemerintah Tiongkok pun mengecam campur tangan AS terhadap urusan dalam negerinya, dan menyatakan akan mengambil langkah tegas untuk membalas tindakan AS tersebut. Padahal, kedua negara tengah tengah menyusun perjanjian dagang untuk mengakhiri perang tarif yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

"Pelaku pasar khawatir terhadap aksi balasan dari Tiongkok. Hal tersebut dapat memperkeruh suasana yang dapat menyebabkan batalnya kesepakatan dagang tahap pertama," ujar Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus kepada Katadata.co.id sore ini.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...