Pemerintah Ganti Nakhoda Telkom, Dirut Dijabat Mantan Bos Telkomsel

Mantan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dinilai sebagai kandidat terbaik untuk menempati posisi puncak Telkom Indonesia.
Image title
24 Mei 2019, 19:28
Dirut PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah (ketiga kanan) berpose bersama jajaran direksi (dari kiri) Direktur Digital Bussines Faizal R Djoemadi, Direktur Strategic Portfolio Achmad Sugiarto, Direktur Network dan IT Service Zulhelfi Abidin
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Dirut PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah (ketiga kanan) berpose bersama jajaran direksi (dari kiri) Direktur Digital Bussines Faizal R Djoemadi, Direktur Strategic Portfolio Achmad Sugiarto, Direktur Network dan IT Service Zulhelfi Abidin, Direktur Consumer Service Siti Choiriana dan Direktur Keuangan Harry M Zen usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2018 di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memutuskan mengganti posisi Alex J. Sinaga sebagai direktur utama yang masa jabatannya sudah habis. Posisi Alex digantikan oleh Ririek Adriansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, Ririek dinilai sebagai salah satu talenta terbaik yang dimiliki perusahaan. "Dia sudah direkomendasi oleh komisaris. Kemudian sudah fit and proper, dia yang terbaik," terang Edwin usai RUPST Telkom, di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (24/5).

Alex tidak lagi menjabat sebagai pemimpin di perusahaan telekomunikasi pelat merah ini karena sudah menjabat posisi itu sejak 2014 dan tidak dapat ditunjuk lagi. Selain itu berkembang isu bahwa Alex bakal ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggantikan Sofyan Basir.

(Baca: Telkomsel Akan Pertahankan Jaringan 2G dan 4G, Bagaimana Nasib 3G?)

Advertisement

Namun, Edwin mengkonfirmasi bahwa saat ini Kementerian BUMN belum mengantongi nama calon Direktur Utama PLN. Saat ini, Kementerian BUMN bahkan belum memulai pemilihan kandidat Direktur Utama PLN karena belum ada yang cocok dan belum ada yang fit. "Kemarin Alex mengatakan belum berminat," katanya.

Dengan penunjukkan Ririek sebagai direktur utama, maka susunan jabatan dewan komisaris dan direksi Telkom setelah RUPST adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Renald Khasali
Komisaris: Edwin Hidayat Abdullah
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Ismail
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Cahyana Ahmadjayadi
Komisaris Independen: Margiyono Darsasumarja

Dewan Direksi:
Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur: Harry M. Zen
Direktur: Siti Choiriana
Direktur: Zulhelfi Abidin
Direktur: Faizal R. Djoemadi
Direktur: Achmad Sugiarto
Direktur: Edwin Aristiawan
Direktur: Edi Witjara
Direktur: Bogi Witjaksono

(Baca: Telkom dan Lintasarta Mulai Manfaatkan Palapa Ring Tengah)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait