Optimis Jelang Pilpres, Katadata Investor Confidence Index Capai 139,1

Hasil survei Katadata Insight Center menunjukkan investor optimistis dengan kondisi ekonomi dan pasar modal saat ini hingga tiga bulan ke depan.
Image title
30 Januari 2019, 13:19
Katadata Forum 2018
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Panelis Katadata Forum dengan tema “Winning in a Turbulent Economy” ,membahas bagaimana kesiapan pemerintah dan lembaga lainnya dalam mengelola ketidakpastian, dan melihat peluang investasi dalam situasi dan kondisi ekonomi saat ini.

Sekitar tiga bulan menjelang pemilihan umum legislatif dan presiden, para investor institusi masih optimistis terhadap kondisi ekonomi dan pasar keuangan di dalam negeri pada saat ini hingga tiga bulan ke depan. Optimisme itu tercermin dari hasil Katadata Investor Confidence Index (KICI) kuartal I 2019 atau indeks keyakinan investor yang diluncurkan oleh Katadata Insight Center (KIC) pada Rabu ini (30/1).

KICI disusun berdasarkan survei terhadap 172 responden investor institusi yang terdiri dari manajer investasi, dana pensiun, dan asuransi yang berinvestasi di pasar keuangan, dengan dana kelolaan mencapai lebih dari Rp 500 triliun. Survei dilakukan melalui wawancara telepon dan email pada Desember 2018.

Rentang skala KICI berkisar antara 0 (nol) - 99 yang menunjukkan investor pesimis, 100 netral, dan 101 - hingga nilai maksimal 200 artinya investor optimistis dengan kondisi pasar. (Baca: IHSG Bergerak Positif Jelang Negosiasi Lanjutan Dagang AS-Tiongkok)

Hasil survei KICI pada bulan Desember 2018 menunjukkan indeks keyakinan investor berada pada level 139,1 yang menunjukkan investor institusi meyakini kondisi ekonomi dan pasar modal Indonesia saat ini dan tiga bulan ke depan masih dalam kondisi yang baik.

Angka indeks tersebut merupakan gabungan antara indeks situasi sekarang yang berada pada level 137,1 dan angka indeks ekspektasi yang ada pada level 140,5. Keyakinan investor terhadap kondisi saat ini ditopang terutama oleh optimisme pada kondisi perusahaan investor tersebut bernaung, optimisme terhadap kondisi ekonomi Indonesia, dan optimisme terhadap pasar saham.

Sedangkan keyakinan terhadap kondisi tiga bulan ke depan ditopang keyakinan terhadap kondisi perusahaan, kondisi ekonomi Indonesia, kondisi pasar saham, perkiraan nilai saham tiga bulan mendatang, kondisi ekonomi global, serta porsi saham dalam portofolio investasi tiga bulan mendatang.

KICI mengungkapkan tingkat keyakinan yang berbeda-beda pada responden manajer investasi, perusahaan asuransi, dan dana pensiun. Secara keseluruhan, investor dana pensiun menunjukkan optimisme tertinggi terhadap kondisi ekonomi dan pasar modal dengan nilai indeks 140,1, diikuti investor asuransi 139,2, dan manajer investasi 138,1.

"Dana Pensiun lebih optimistis dibandingkan Manajer Investasi dan Asuransi melihat prospek tiga bulan ke depan,” ujar Damhuri Nasution, Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC).

Di sisi lain, pria yang juga menjabat sebagai Head of Danareksa Research Institute ini menyatakan, asuransi dan manajer investasi menunjukkan optimisme yang tinggi dibandingkan dana pensiun untuk kondisi saat ini. (Baca: Potensi Kenaikan IHSG Berdasarkan Prediksi Morgan Stanley dan Analis)

Selain itu sebagian besar investor institusi, yakni 84,3% dari responden, meyakini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) trennya akan naik hingga tiga bulan kedepan. Lebih dari separuh responden meyakini IHSG akan naik lebih dari 3%. Sedangkan 15,7% responden memperkirakan IHSG akan turun.

Hasil lengkap survei investor institusi dan Katadata Investor Confidence Index (KICI) ini dapat Anda unduh di link ini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait