Wapres JK Dorong Bank Bersinergi untuk Kembangkan Teknologi

JK menilai bank yang tidak menerapkan teknologi maka perkembangannya akan jauh tertinggal.
Image title
12 Januari 2019, 10:32
Jusuf Kalla
Arief Kamaludin|Katadata

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyoroti perkembangan industri perbankan nasional. Orang nomor dua di Indonesia ini menekankan pentingnya penerapan teknologi pada industri perbankan nasional.

Menurutnya, bank yang tidak menerapkan teknologi dalam operasionalnya akan tertinggal jauh dari bank yang telah menerapkan teknologi. "Yang tidak kalah penting adalah teknologi. Kita sadari sistem hari ini akan sangat dipengaruhi oleh teknologi," kata JK dalam acara Pertemuan Tahunan OJK di Jakarta, Jumat (11/1).

Namun, JK mengerti jika masih ada bank yang belum mampu mengembangkan teknologinya sendiri. Pasalnya, investasi teknologi perbankan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, JK mendorong agar perbankan bersinergi dan bekerja sama dalam mengembangkan teknolgi yang dapat digunakan bersama agar biayanya dapat ditekan lebih murah dan efisien.

Advertisement

(Baca: OJK Targetkan Kredit Perbankan Tumbuh 12%-14% Tahun Ini)

"Tentu kerja sama di industri perbankan sangat penting untuk menjaga suatu sistem perbankan dengan (bantuan) teknologi dan juga (membuat) efisien," ujar JK.

Dengan kerja sama yang dilakukan tersebut, JK sangat berharap industri perbankan mampu mendorong terwujudnya cita-cita bangsa. Cita-cita tersebut yaitu menjadi bangsa yang memiliki suatu sistem keuangan yang adil dan maju, serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut JK, tanpa industri perbankan dan sistem keuangan yang baik, pemerintahan tidak akan bisa berjalan dengan baik. JK mengibaratkan hubungan antara industri perbankan dengan pemerintah seperti darah dalam tubuh yang memiliki fungsi yang sangat vital.

(Baca: Jusuf Kalla Besyukur Konflik Politik Hanya Terjadi di Media Sosial)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait