Bank Danamon Targetkan Kredit Tumbuh 10% Tahun Depan

Danamon akan fokus pada segmen usaha kecil dan menengah, serta kredit pemilikan rumah (KPR) yang risikonya rendah.
Image title
27 Desember 2018, 13:17
Bank Danamon
Katadata
Stand produk keuangan Bank Danamon pada pameran Indonesia Fintech Festival and Conference 2016, Tangerang, Banten, Selasa, (30/08).

PT Bank Danamon Indonesia Tbk menargetkan pertumbuhan kredit tahun 2019 tumbuh di kisaran 8% hingga 10%, sejalan dengan pertumbuhan kredit industri perbankan. Pertumbuhan tersebut belum termasuk kredit segmen mikro karena Danamon akan fokus pada segmen lainnya.

"Ke depannya kami akan fokus di segi efisiensi dan pertumbuhan di mana segmen fokus kami UKM dan KPR yang secure," kata Wakil Direktur Utama Danamon Michellina Laksmi Triwardhany saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (27/12).

Hingga triwulan III-2018 penyaluran kredit Bank Danamon tumbuh 6% secara tahunan, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun, jika tidak menghitung penyaluran kredit mikro, pertumbuhan kreditnya mencapai 10%. Kredit di segmen perbankan UKM tumbuh 11% dan kredit pemilikan rumah (KPR) tumbuh hingga 35%.

(Baca: Tekanan Global Mereda Tahun 2019, OJK Prediksi Kredit Bisa Tumbuh 12%)

Advertisement

Sementara, untuk kredit bermasalah alias non-performing loan (NPL) di tahun depan, Bank Danamon masih belum bisa memastikan besarannya. Namun, Michellina berharap NPL mereka di tahun depan lebih baik dari posisi Triwulan III-2018 yang mencapai 3%. Untuk memperbaiki rasio NPL tersebut, Bank Danamon akan melakukan beberapa efisiensi terutama pada pembiayaan di segmen mikro.

"Kita selalu lakukan efisiensi di mikro. Fokus utamanya dalam hal kolektibilitas lebih banyak dilakukan jadi kita berharap dampaknya lebih positif," katanya.

Pada triwulan III-2018, total aset perusahaan tercatat sebesar Rp 178,63 triliun atau tumbuh 3% dibanding periode yang sama tahun lalu senilai Rp 173,67 triliun. Penambahan total aset ini, sejalan dengan bertumbuhnya penyaluran kredit di periode sembilan bulan pertama tahun ini.

Selain itu, Bank Danamon juga menargetkan aset mereka dapat tumbuh di tahun 2019 sesuai dengan pertumbuhan aset industri perbankan. Untuk itu, Michellina menargetkan tahun depan aset mereka dapat tumbuh 8% hingga 10% secara tahunan dibandingkan posisi aset akhir tahun ini.

(Baca: Jual Adira Insurance ke Zurich, Danamon Kantongi Rp 3,9 Triliun)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait