Rombak Pengurus Adhi Karya, Erick Thohir Copot Komut Fadjroel Rachman

Kementerian BUMN juga mencopot dan mengganti tiga komisaris serta dua direktur, termasuk direktur utama Budi Harto.
Image title
5 Juni 2020, 09:13
adhi karya, erick thohir, bumn, rups, fadjroel rachman, dodi usoho hargo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus Juru Bicara Presiden Jokowi, M. Fadjroel Rachman dicopot dari jabatannya sebagai Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. digantikan Mayor Jenderal TNI Dodi Usoho Hargo.

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran pengurus Adhi Karya (Persero), pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan yang digelar Kamis (4/6). Tak kurang dari enam orang pengurus perusahaan, yakni empat komisaris dan dua direksi, dicopot dan diganti.

Adapun dari empat empat komisaris yang dicopot, salah satunya yaitu pada posisi komisaris utama yang dijabat oleh Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi sekaligus juru bicara Presiden Joko Widodo, M. Fadjroel Rachman. Sedangkan salah satu direktur yang dicopot yaitu direktur utama Budi Harto.

Posisi Fadjroel kemudian digantikan oleh Dodi Usoho Hargo. Sedangkan tiga orang komisaris Adhi Karya lainnya yang dicopot yaitu Bobby A. A. Nazief, Wicipto Setiadi, dan Rildo Ananda Anwar. Ketiganya digantikan oleh Cahyo R. Muzhar, Yustinus Prastowo, dan Widiarto.

Dodi Usoho Hargo merupakan seorang perwira tinggi TNI berpangkat Mayor Jenderal, yang sejak 20 Desember 2018 menjabat sebagai Staf Khusus Kasad. Sebelumnya Dodi menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI dan Komandan Seskoad.

Advertisement

(Baca: Meski Pendapatan 2019 Turun, Laba Bersih Adhi Karya Naik Jadi Rp 663 M)

Sedangkan dari jajaran direktur, Direktur Keuangan Entus Asnawi Mukhson menggantikan posisi Budi Harto sebagai Direktur Utama, Suko Widigdo menggantikan Budi Saddewa Sudiro sebagai Direktur Operasi 1, serta A.A.G. Agung Darmawan masuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Direktur Keuangan Entus Asnawi.

Sementara itu pengurus yang dipertahankan yaitu Hironimus Hilapok dan Abdul Muni sebagai komisaris independen. Serta dari jajaran direksi yaitu direktur quality, health, safety, and environment, dan pengembangan Partha Sarathi, serta direktur SDM Agus Karianto.

Berikut ini adalah Jajaran Komisaris dan Direktur Adhi Karya yang baru, berdasarkan keputusan RUPST:

Komisaris

Komisaris Utama: Dodi Usoho Hargo
Komisaris: Bobby A.A. Nazief
Komisaris: Wicipto Setiadi
Komisaris: Rildo Ananda Anwar
Komisaris Independen: Hironimus Hilapok
Komisaris Independen: Abdul Muni

Direktur

Direktur Utama: Entus Asnawi Mukhson
Direktur Operasi 1: Suko Widigdo
Direktur Operasi 2: Pundjung Setia Brata
Direktur Keuangan: A.A.G. Agung Darmawan
Direktur SDM: Agus Karianto
Direktur Quality, Health, Safety, and Environment, dan Pengembangan: Parthi Sarathi.

(Baca: IPO Tahun ini, Anak Usaha Adhi Karya Target Raih Dana Rp 25 Triliun)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait