Gelar RUPS Besok, Astra Disebut Bakal Ganti Presdir Prijono Sugiarto

Berdasarkan informasi yang beredar di pasar, Prijono bakal ditunjuk menjadi Presiden Komisaris Astra.
Image title
15 Juni 2020, 16:07
Presisen Direktur Astra Prijobo Sugiarto memberikan paparan dalam acara Public Expose 2019 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (26/8). Penjualan mobil Astra selama 7 bulan pada 2019 ini turun 8,96 mencapai 383.995 unit, termasuk mobil LCGC. Sementara pada pe
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto memberikan paparan dalam acara Public Expose 2019 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta (26/8).

PT Astra International Tbk (ASII) dijadwalkan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa (16/6). Beredar kabar, dalam rapat nanti Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto bakal dicopot dari jabatannya.

Dalam iklan pemanggilan RUPST yang diunggah Astra International ke keterbukaan informasi, salah satu mata acara RUPST besok memang pengangkatan anggota direksi dan perubahan susunan anggota dewan komisaris.

Berdasarkan kabar yang beredar di pasar, Prijono bakal dijadikan Presiden Komisaris Astra International setelah berada di pucuk pimpinan teratas Astra sejak 1 Maret 2010. Ketika itu, Prijono terpilih menjadi Presiden Direktur menggantikan Michael D. Ruslim.

Adapun, kursi Presiden Direktur Astra International kabarnya bakal diisi oleh dua calon. Kedua nama itu adalah Wakil Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto dan Direktur Astra International Gidion Hasan.

Advertisement

(Baca: Grup Astra Bantu Aneka Alat Penanganan Corona Senilai Rp 63 Miliar)

Berdasarkan informasi di laman resmi Astra, Djony sudah bergabung dengan Astra sejak 1990 dan menjabat sebagai Wakil Presdir sejak April 2019 lalu. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (2009-2013), Presiden Komisaris PT Astra Otoparts Tbk (2015-2018), Wakil Presiden Komisaris PT Astra Daihatsu Motor dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (2016-2018).

Sementara itu, Gidion Hasan sudah bergabung dengan Grup Astra International sejak 1999 dan menjabat sebagai Direktur sejak April 2016. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris PT United Tractors Pandu Engineering, PT Acset Indonusa Tbk, PT Komatsu Astra Finance, PT Surya Artha Nusantara Finance, PT Pamapersada Nusantara, PT Tuah Turangga Agung dan PT Tambang Supra Perkasa.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Divisi Komunikasi Korporat Astra International Boy Kelana Soebroto mengatakan bahwa perusahaan tidak dapat memberikan pernyataan terkait rumor.

"Terkait seluruh agenda RUPST Astra akan diputuskan pada saat RUPST Astra, besok 16 Juni 2020," ujarnya kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat.

(Baca: Terimbas Corona & Harga Komoditas, Laba Grup Astra Kuartal I Turun 8%)

Catatan redaksi: Berita ini diedit pada paragraf terakhir untuk menambahkan pernyataan PT Astra International  Tbk. terkait isi pemberitaan.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait