RUPST Bukopin Resmi Tunjuk Rivan A. Purwantono jadi Direktur Utama

Rivan menggantikan Eko R. Gindo yang mengundurkan diri sejak 18 Mei 2020.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
18 Juni 2020, 15:01
PT Bank Bukopin Tbk 3.jpg
Bank Bukopin menggelar RUPST hari ini, Kamis (18/6) dan menunjuk Rivan A. Purwantono sebagai direktur utama perusahaan, menggantikan Eko R. Gindo yang telah mengundurkan diri sejak 18 Mei 2020.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) hari ini, Kamis (18/6), menunjuk Rivan A. Purwantono sebagai direktur utama untuk menggantikan Eko Rachmansyah Gindo yang mengundurkan diri sejak 18 Mei 2020.

Rivan akan menjabat sebagai Direktur Utama Bank Bukopin selama 5 tahun ke depan, yang akan berlaku efektif setelah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Keputusan ini ditetapkan dalam mata acara keenam RUPST. Berdasarkan pemantauan Katadata.co.id, sebanyak 96,6% pemegang saham, setuju atas keputusan penunjukkan Rivan sebagai direktur utama perusahaan.

Sebelum dipilih oleh pemegang saham, Rivan merupakan Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Namun, karirnya di KAI itu hanya seumur jagung. Pasalnya dia baru menjabat posisi tersebut sejak 8 Mei 2020.

(Baca: Jelang RUPS, Pimpinan Bank Bukopin Dipanggil Kementerian BUMN)

Namun Rivan bukanlah orang asing di Bukopin. Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Keuangan KAI, dia sudah berkarir di Bukopin sejak 2006. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Konsumer Bank Bukopin 2018-2020 dan General Manager Bisnis Konsumer Bukopin 2017-2018.

"Penunjukan Rivan A. Purwantono dinilai sangat tepat, mengingat nature bisnis Bank Bukopin yang selama ini memang fokus pada bisnis ritel (UMKM dan konsumer)," kata Sekretaris Perusahaan Bukopin Meliawati usai RUPST.

Tidak hanya itu, RUPST juga menunjuk Imam Subowo sebagai direktur perusahaan. Imam sebelumnya merupakan Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog. Setelah itu dia dipercaya menjabat sebagai Komisaris Utama Mitra Bumdes Nusantara.

Selain dua jajaran direksi, komisaris juga diisi oleh nama baru yaitu Sapto Amal yang dipercaya menjadi komisaris di Bukopin. Sebelumnya nama Sapto Amal merupakan Komisaris Utama Pelindo dan Jasa Marga lalu juga pernah menjadi Wakil Ketua BPK RI pada periode 2014–2017.

(Baca: OJK: Kookmin Bank Sudah Setor Rp 2,8 T untuk Ambil Alih Bukopin)

Selain merombak jajaran pengurus perusahaan, RUPST juga memutuskan untuk tidak membagikan dividen. Selain itu, diputuskan juga direksi Bukopin sebelumnya tidak mendapatkan tantiem. RUPST juga memutuskan tidak ada penyesuaian honorarium, gaji dan/atau tunjangan bagi dewan komisaris dan direksi perseroan.

Adapun komposisi kepengurusan Bank Bukopin untuk periode 2019-2024 berdasarkan hasil keputusan RUPST Tahun Buku 2019 sebagai berikut:

Dewan Komisaris
Komisaris Utama Independen: Mustafa Abubakar
Komisaris: M. Subhan Aksa
Komisaris: Deddy SA Kodir
Komisaris: Susiwijono
Komisaris Independen: Sapto Amal Damandari 
Komisaris Independen: Moch. Hadi Santoso
Komisaris Independen: Karya Budiana
Komisaris Independen: Chang Su Choi

Direksi
Direktur Utama: Rivan A. Purwantono*
Direktur: Adhi Brahmantya
Direktur: Lalu Azhari
Direktur: Hari Wurianto
Direktur: Geger Nuryaman Maulana
Direktur: Jong Hwan Han
Direktur: Heri Purwanto
Direktur: Imam Subowo

(Baca: BNI: Kerja Sama dengan Bukopin Dilakukan Secara Komersial)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Video Pilihan

Artikel Terkait