Tak Hanya Angkat Fajrin, Erick Thohir Rombak Total Manajemen Telkom

Hanya Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah yang dipertahankan bersama Edi Witjara yang digeser posisinya. Jajaran komisaris juga dirombak.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
19 Juni 2020, 20:11
rupst telkom, rombak direksi telkom, erick thohir rombak direksi telkom
Arief Kamaludin|KATADATA
Seluruh jajaran Direksi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) dirombak, hanya direktur utama Ririek Adriansyah yang mempertahankan posisinya, serta Edi Witjara yang hanya digeser menjadi direktur enterprise & business service.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tidak hanya menunjuk Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid sebagai direktur PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang baru. Erick ternyata juga memutuskan untuk merombak total jajaran Direksi dan sebagian Komisaris Telkom.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Telkom pada Jumat (19/6). Dari total delapan direksi perusahaan, hanya Direktur Utama Ririek Adriansyah yang tidak bergeser dari kursinya.

Direktur keuangan yang sebelumnya dijabat oleh Harry Mozarta Zen, digantikan oleh Heri Supriadi. Lalu F.M. Venusiana R. menggantikan Siti Choiriana sebagai direktur consumer service.

Perubahan lainnya yakni pada jabatan direktur network & IT solution yang saat ini diemban oleh Herlan Wijanarko, menggantikan Zulhelfi Abidin. Lalu, direktur wholesale & international service saat ini dijabat oleh Dian Rachmawan yang menggantikan Edwin Aristiawan.

(Baca: Jadi Direktur Telkom, Fajrin Rasyid: Saatnya Bantu RI Lebih Maju)

Kemudian, direktur digital business yang saat ini dijabat oleh Fajrin Rasyid, sebelumnya diduduki oleh Faizal R. Djoemadi. Begitu pula dengan posisi direktur strategic portfolio yang saat ini diemban oleh Budi Setyawan Wijaya menggantikan Achmad Sugiarto.

Direksi lainnya yang diganti adalah direktur human capital management yang dijabat oleh Afriwandi menggantikan Edi Witjara. Namun, Edi mendapatkan posisi baru sebagai direktur enterprise & business service menggantikan Bogi Witjaksono.

Selain jajaran direksi, Erick juga banyak merombak dewan komisaris perusahaan. Posisi komisaris utama masih dijabat oleh Rhenald Kasali. Lalu, ada beberapa nama komisaris yang masih dipertahankan Erick, yaitu Marcelino Pandin, Ismail, dan Marsudi Wahyu Kisworo (independen).

Sementara, terdapat lima nama baru yang menempati jabatan sebagai dewan komisaris yaitu Ahmad Fikri Assegaf, Wawan Iriawan, Candra Arie Setiawan, Alex Denni, dan Rizal Mallarangeng. Kelimanya masing-masing menggantikan Margiyono Darsa Sumarja, Cahyana Ahmadjayadi, Edwin Hidayat Abdullah, dan Isa Rachmatarwata.

(Baca: Erick Thohir Ungkap Alasan Angkat Fajrin Rasyid Jadi Direktur Telkom)

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi hasil RUPST Tahun Buku 2019 adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Rhenald Kasali
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen: Wawan Iriawan
Komisaris Independen: Candra Arie Setiawan
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Alex Denni
Komisaris: Rizal Mallarangeng

Dewan Direksi

Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Wholesale & International Service: Dian Rachmawan
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Keuangan: Heri Supriadi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R.
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Digital Business: Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portfolio: Budi Setyawan Wijaya

(Baca: Telkom Tebar Dividen, Pemerintah Kantongi Rp 7,95 Triliun)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Video Pilihan

Artikel Terkait