IHSG Diramal Turun Sebab Pasar Minim Sentimen, Ini Saham Pilihannya

Investor yang masih cemas dengan potensi gelombang kedua covid 19 yang dapat mengancam pemulihan ekonomi global.
Image title
23 Juni 2020, 06:54
ihsg hari ini, saham pilihan, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
IHSG hari ini, Selasa (23/6) diprediksi akan melanjutkan koreksinya pada Senin. Minimnya sentimen positif dan kecemasan investor terhadap ancaman gelombang kedua covid 19 akan mempengaruhi laju indeks.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini, Selasa (23/6) diprediksi akan kembali terkoreksi. Adapun indeks kemarin ditutup turun 0,47% ke level 4.918,83 di tengah minimnya sentimen akibat berakhirnya masa buy back atau pembelian kembali saham.

"Berakhirnya masa buy back dan pembagian dividen membuat aksi beli asing pun berakhir. Hal tersebut tercermin dari nilai transaksi yang menurun," kata analis Panin Sekuritas William Hartanto dalam risetnya pagi ini.

Seperti diketahui, pada perdagangan kemarin, nilai transaksi di pasar saham hanya mencapai Rp 6,95 triliun. Sementara rata-rata nilai transaksi harian di pasar modal secara tahun berjalan sebesar Rp 7,71 triliun.

Sebenarnya IHSG pada perdagangan kemarin masih mampu mempertahankan level support di 4.900. Namun, berdasarkan analisis teknikalnya, William menyebutkan IHSG hari ini berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam rentang level 4.884-4.972.

Advertisement

(Baca: Investor Asing Tarik Dana Setengah Triliun, IHSG Turun 0,47%)

Saham-saham pilihan yang menjadi rekomendasi William di antaranya Kalbe Farma Tbk (KLBF), PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), dan Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP).

Senada, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga menilai bahwa IHSG hari ini bergerak turun dengan rentang support di level 4.899-4.880. Sementara resistance ada di level 4.966-4.942.

Menurutnya, pergerakan masih akan dibayangi adanya kekhawatiran akan kelanjutan gelombang kedua wabah covid-19 yang kembali mencatatkan kenaikan kasus harian. "Sejauh ini juga masih minim sentimen pergerakan yang dapat mendorong pasar," kata Dennies.

Beberapa saham yang menjadi rekomendasinya untuk perdagangan hari ini, di antaranya Surya Citra Media Tbk (SCMA), Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), dan Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

(Baca: Dirut Krakatau Steel Sebut Penjualan Sahamnya untuk Keperluan Pribadi)

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menilai IHSG hari ini bergerak turun. "Ada potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke support terdekat," katanya.

Area support yang dimaksud oleh Nafan berada pada level antara 4.865 hingga 4.778. Sementara itu, area resistance ada pada rentang level antara 4.975 hingga 5.097.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Estika Tata Tiara Tbk (BEEF), Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), Matahari Department Store Tbk (LPPF), Bukit Asam Tbk (PTBA), dan Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS).

(Baca: Regulator Pasar Modal Beri Aneka Stimulus ke Perusahaan Efek & Emiten)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait