Investor Antisipasi Ekonomi RI Kuartal II Memburuk, IHSG Diramal Turun

Investor mengantisipasi pertumbuhan ekonomi yang lebih buruk dibandingkan perkiraan.
Image title
Oleh Muchammad Egi Fadliansyah
4 Agustus 2020, 07:34
ihsg hari ini, prediksi ihsg, rekomendasi saham, saham pilihan, pertumbuhan ekonomi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG Selasa (4/8) diprediksi melanjutkan koreksinya pada perdagangan awal pekan oleh beberapa analis pasar modal. Koreksi indeks hari ini lantaran investor mengantisipasi data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih buruk dari perkiraan.

“Investor akan mengantisipasi data produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang akan segera dirilis yang diperkirakan akan lebih buruk dibandingkan ekspektasi,” kata Analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan dalam risetnya, dikutip, Selasa (4/8).

Dia memprediksi secara teknikal IHSG hari ini terkoreksi dengan level support di rentang 4,904 hingga 4,801. Sementara, level resistance di rentang 5,133 hingga 5,259.

Sebagai informasi, support merupakan area tertentu yang diyakini sebagai titik terendah indeks atau harga saham pada satu waktu. Ketika telah menyentuh support, biasanya harga saham atau indeks akan kembali naik. Namun jika menembus level tersebut, biasanya saham atau indeks akan terus turun untuk menemukan titik support baru.

Sebaliknya resistance, yakni tingkat harga tertentu yang dinilai sebagai titik tertinggi indeks atau pada satu waktu. Biasanya ada aksi jual cukup besar sehingga kenaikan harga saham atau indeks akan terhambat.

Atas dasar sentimen tersebut, ia merekomendasikan beberapa saham. Misalnya saham Surya Citra Internusa Tbk (SSIA), Surya Citra Media Tbk (SCMA), Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi juga berpendapat senada. Menurutnya, IHSG hari ini secara teknikal akan terkoreksi dengan rentang level support dan resistance di level 4,953-5,076.

Saham menurutnya yang masih cukup menarik secara teknikal pada perdagangan hari ini yakni Indofarma Tbk (INAF), Kimia Farma Tbk (KAEF), Jasa Marga Tbk (JSMR), Medika Copper Gold Tbk (MDKA), dan Bukit Asam Tbk (PTBA).

Pendapat serupa juga dituturkan Analis Panin Sekuritas William Hartanto. Menurutnya, indeks saham hari ini berpotensi bergerak bervariasi cenderung naik secara teknikal di level 4,988 hingga 5,157. "Sehingga IHSG hari ini berpeluang menuju ke level support terdekat," katanya melalui risetnya.

Ada pun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain Jasa Marga (JSMR) Tbk, Kalbe Farma Tbk (KLBF), Ace Hardware Tbk (ACES), dan Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Video Pilihan

Artikel Terkait