IHSG Diramal Naik Ditopang Optimisme Investor, Ini Saham Pilihannya

Investor optimis perekonomian akan segera membaik meski pertumbuhan terkontraksi cukup dalam pada kuartal II.
Image title
6 Agustus 2020, 07:38
ihsg hari ini, saham pilihan, rekomendasi saham
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat dibukanya perdagangan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Indeks harga saham gabungan atau IHSG hari ini, Kamis (6/8), diprediksi melanjutkan kenaikannya pada perdagangan kemarin, Rabu (5/8) yang naik hingga 1,03% ke level 5.127,05.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan laju IHSG akan didukung optimisme dari data-data aktivitas perekonomian yang mulai pulih meskipun pertumbuhan ekonomi kuartal II terkontraksi cukup dalam.

“Meskipun masih minim sentimen, investor cukup optimis perekonomian akan segera membaik. Penguatan harga komoditas juga akan mendorong penguatan," kata Dennies dalam risetnya. "Investor juga akan mencermati musim rilis laporan keuangan semester satu 2020".

Menurutnya, IHSG hari ini berpotensi naik ke level resistance 5.149-5.172, sedangkan level support berada di kisaran 5.081-5.086.

Untuk diketahui, support merupakan level yang diperkirakan akan menahan koreksi indeks atau harga saham, sedangkan resistance merupakan level di mana suplai saham cukup besar untuk menghentikan kenaikan indeks atau harga.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham yang layak diperhatikan investor pada perdagangan hari ini, yaitu Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), Surya Citra Media Tbk (SCMA), dan Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan hal senada. Dia memprediksi IHSG hari ini bakal melaju di zona hijau. "Pergerakan IHSG berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Berdasarkan analisis teknikalnya, pada level resistance IHSG akan berada di 5.172 hingga 5.233. Sementara, area support, indeks berada pada level 5.097 hingga 4.975.

Adapun sejumlah saham yang jug dia rekomendasikan untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, di antaranya saham sektor konstruksi dan pertambangan seperti Waskita Karya Tbk (WSKT), Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), Bukit Asam Tbk (PTBA) dan Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Pendapat yang sama diutarakan Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi. Menurutnya, IHSG hari ini akan kembali bertahan di zona hijau. "Kami perkirakan secara teknikal IHSG akan bergerak bertahan pada zona positif dengan support resistance 5.088-5.240," kata Lanjar.

Saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal menurutnya di antaranya Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), Bukit Asam Tbk (PTBA), Adaro Enegy Tbk (ADRO), dan Jasa Marga Tbk (JSMR).

Optimisme pemulihan ekonomi investor karena pemerintah menyatakan akan memacu belanja pada kuartal III dan IV. Saat ini Kementerian Keuangan mendorong kementerian/lembaga yang belum menyelesaikan dokumen anggaran.

Pemerintah juga akan menambah bantuan sosial produktif dengan anggaran hingga Rp 30 triliun. Bantuan itu ditujukan kepada 12 juta pelaku UMKM. Pemerintah juga menyiapkan bantuan tunai kepada 13 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta dengan anggaran mencapai Rp 31,2 triliun.

Adapula tambahan bansos kepada 10 juta penerima program keluarga harapan berupa pemberian beras 15 kilogram yang sedang disiapkan. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 4,6 triliun. Tak hanya itu, ada juga tambahan bantuan sosial tunai Rp 500 ribu per penerima kartu sembako dengan alokasi Rp 5 triliun.

Dengan langkah tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap perekonomian kuartal III bisa 0%. Sementara untuk kuartal IV bisa mendekati 3%. Jika target tersebut tercapai, diharapkan perekonomian tahun 2020 bisa tetap di zona positif. "Sekitar 0%-1%," ujar dia.

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Video Pilihan

Artikel Terkait