Progres Ujicoba Vaksin Corona Diramal Kerek IHSG, Ini Saham Pilihannya

Perkembangan ujicoba vaksin virus corona oleh Moderna Inc. di AS kini telah memasuki tahap akhir.
Image title
Oleh Muchammad Egi Fadliansyah
7 Agustus 2020, 07:59
ihsg hari ini, rekomendasi saham, vaksin virus corona, covid 19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Layar menampilkan pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG pada perdagangan terakhir pekan ini, Jumat (7/8), diramal melanjutkan reli kenaikannya selama tiga hari perdagangan terakhir sebesar 172,05 poin atau 3,44% ke level 5.178,27.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan laju IHSG didukung optimisme dari perkembangan vaksin virus corona di Amerika Serikat (AS). Selain itu, investor masih akan mencermati data perekonomian yang akan segera dirilis.

“Dari luar negeri, IHSG akan didorong optimisme kemajuan penelitian vaksin di AS,” tulis Dennies dalam hasil risetnya. IHSG hari ini berpotensi naik ke level resistance 5.201-5.224, sedangkan level support berada di kisaran 5.141-5.104.

 

Untuk diketahui, support merupakan level yang diperkirakan akan menahan koreksi indeks atau harga saham, sedangkan resistance merupakan level di mana suplai saham cukup besar untuk menghentikan kenaikan indeks atau harga.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham yang layak diperhatikan investor pada perdagangan hari ini, yaitu Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA), Surya Citra Media Tbk (SCMA), dan Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Analis Binaartha Sekuritas Indonesia Dennies M Nafan Aji Gusta Utama mengatakan, pergerakan IHSG didukung oleh sentimen positif dari luar dan dalam negeri.

Dari luar negeri, IHSG akan didorong optimisme kemajuan penelitian vaksin Covid-19. Selain itu, sentimen positif juga datang dari ekspektasi kinerja keuangan positif perusahaan selama semester satu tahun ini.

“IHSG berpeluang menuju resistance terdekat. Adapun level support maupun resistance indeks hari ini kemungkinan berada pada 5.097,14 hingga 5.178,27,” kata Nafan dalam risetnya.

Nafan merekomendasikan saham untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini, Ace Hardware Tbk (ACES), Pakuwan Jati Tbk (PWON), dan Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga berpendapat senada. Ia memperkirakan IHSG hari ini naik. Berdasarkan analisis teknikalnya, IHSG diprediksi bergerak di rentang 5.107-5.220. “Secara teknikal IHSG bergerak mematahkan rekor tertinggi setelah terjadi pelemahan akibat covid-19,” katanya.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham untuk diperhatikan investor sperti, Adaro Energy Tbk (ADRO), Bukit Asam Tbk (PTBA), Bank Mandiri Tbk (BMRI), CIMB Niaga Tbk (BNGA), dan Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS).

Produsen obat asal AS, Moderna Inc. mengumumkan dimulainya uji coba tahap akhir skala besar pada vaksin Covid-19. Perjabat AS dan perusahaan pun memastikan vaksin ini dapat siap digunakan secara luas pada akhir tahun ini.

Dikutip dari Reuters, uji coba ini adalah studi tahap akhir pertama di bawah pemerintahan Donald Trump. Uji coba dilakukan pada 30 ribu subjek untuk memastikan vaksin aman dan bekerja efektif.

CEO Modena Stéphane Bancel mengatakan bahwa perusahaan dapat memproduksi 500 juta hingga 1 miliar dosis vaksin per tahun pada 2021 setelah uji coba berhasil. Uji coba tahap akhir ini dirancang untuk mengevaluasi kemananan vaksin mRNA-1273 Moderna dan menentukan apakah dapat mencegah gejala Covid-19 setelah dua dosis.

Anthony Fauci, pejabat tinggi penyakit menular AS atau CDC, mengatakan hasil dari ujicoba akan diumumkan pada November 2020 atau bahkan lebih awal. Fauci mengatakan dia tidak terlalu khawatir tentang keamanan vaksin setelah melihat data dari uji coba sebelumnya.

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Video Pilihan

Artikel Terkait