Erick Thohir Tunjuk Fauzi Ichsan Jadi Komut Holding BUMN Asuransi IFG

Fauzi Ichsan menggantikan komisaris utama IFG sebelumnya yakni Gatot Darmasto.
Image title
31 Desember 2020, 11:20
financial group indonesia, holding bumn asuransi dan penjaminan, erick thohir, bumn
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan (kiri) ditunjuk menjadi Komisaris Utama sekaligus Komisaris Independen Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, Indonesia Financial Group

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak susunan dewan komisaris holding BUMN Asuransi dan Penjaminan, Indonesia Financial Group (IFG), pada Rabu (30/12). IFG akan mulai beroperasi resmi pada tahun 2021.

Erick menunjuk Fauzi Ichsan sebagai komisaris utama menggantikan Gatot Darmasto. Fauzi juga akan merangkap sebagai komisaris independen. Selain itu Erick juga mengangkat serta Maysita Crystallin sebagai komisaris, Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman sebagai komisaris independen.

Selain itu Meirijal Nur dipertahankan sebagai komisaris dan Gellwynn Jusuf dicopot dari posisinya sebagai komisaris.

"Jajaran manajemen IFG menyambut baik masuknya Fauzi Ichsan, Masyita Crystallin, Hotbonar Sinaga dan Arief Budiman ke dalam jajaran Dewan Komisaris,” kata Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha melalui keterangan tertulis, dikutip Kamis (31/12).

Dia menambahkan, perombakan ini diyakini akan menambah kekuatan baru IFG dalam melakukan langkah-langkah strategis pengembangan bisnis serta meningkatkan tata kelola perusahaan.

Fauzi Ichsan sebelumnya menjabat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sedangkan Maysita saat ini merupakan staf khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani bidang kebijakan fiskal dan makro ekonomi.

Menurut Oktarina, dengan komposisi baru ini IFG optimistis dapat memperkuat kolaborasi dengan stakeholder maupun publik, dalam upaya meningkatkan kinerja, “serta melaksanakan berbagai mandat yang diberikan oleh Pemerintah”.

Salah satu mandat tersebut adalah meningkatkan fungsi investasi dan kredit modal kerja untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), melalui layanan penjaminan kredit usaha, sesuai dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Adapun jajaran direksi masih dipegang oleh Robertus Bilitea sebagai direktur utama, Rizal Ariansyah sebagai direktur keuangan dan umum, serta Pantro Pander Silitonga sebagai direktur bisnis.

Berikut adalah susunan lengkap komisaris dan direksi IFG per 30 Desember 2020:

Dewan Komisaris:

  1. Fauzi Ichsan: Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen
  2. Masyita Crystallin: Komisaris
  3. Meirijal Nur: Komisaris
  4. Hotbonar Sinaga: Komisaris Independen
  5. Arief Budiman: Komisaris Independen

Direksi:

  1. Robertus Billitea: Direktur Utama
  2. Rizal Ariansyah: Direktur Keuangan dan Umum
  3. Pantro Pander Silitonga: Direktur Bisnis

Menurut data Badan Pusat Statistik, BUMN di sektor keuangan dan asuransi merupakan penyumbang dividen terbesar bagi negara dengan torehan laba bersih sepanjang 2019 yang mencapai Rp 77,16 triliun, diikuti BUMN pertambangan dan penggalian Rp 36,4 triliun.

Secara keseluruhan, total laba bersih perusahaan BUMN pada tahun 2019 tercatat sebesar Rp 164,03 trilliun. Nilai ini mengalami penurunan sebesar 9,63% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 181,51 triliun.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait