Bisnis kelam di masa pandemi tak berlaku buat Diajeng Lestari, Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Hijup.com. Ketika badai pandemi corona meruntuhkan banyak dunia usaha, Hijup.com mampu bertahan sekaligus meningkatkan efisiensinya.

Diajeng membangun platform e-commerce Hijup.com sejak 2011. Platform ini tidak hanya menawarkan produk busana muslim yang murah tetapi juga berkualitas buatan desainer-desainer muslim.

Selama sembilan tahun pengembangan digitalisasi membuat Hijup siap menghadapi pandemi. Sejak berdiri, perusahaan terus melakukan pembenahan terutama dalam infrastruktur digital seperti aplikasi, dukungan laman web, dan penguatan organik lainnya.

“Ketika pandemi datang, bisa dibilang kami sudah siap, karena sudah punya platform digital, media sosial, dan penguatan yang telah dibangun sejak beberapa tahun terakhir,” kata Diajeng pada Mandiri Webinar Series: Dunia Pasca Pandemi, Ada Apa dengan 2021, Rabu (2/12).

Kondisi pandemi malah menjadi kesempatan bagi Hijup.com untuk melakukan efisiensi dan menciptakan sistem baru. Berbagai aktivitas yang sebelum PSBB banyak dilakukan di kantor Hijup.com, kini bisa dilakukan secara mandiri oleh para tennant dan desainer.

Hijup.com hanya menyediakan kemasannya saja. “Tennant jadi mendapat keuntungan yang lebih besar, dan semakin banyak desainer muda yang bergabung dengan Hijup.com,” katanya.

Keberhasilan Hijup.com dalam menavigasi bisnisnya di tengah badai pandemi merupakan segelintir dari kisah sukses pengusaha ritel di bidang fesyen yang terdampak pandemi covid-19. Apalagi di saat yang sama sektor perdagangan besar dan eceran justru terkontraksi cukup dalam selama dua kuartal berturut-turut, yakni kuartal II sebesar 7,57% dan kuartal III 5,03%.

Menurut ekonom Muhammad Chatib Basri, hanya sektor-sektor esensial saja yang masih tumbuh dengan baik, seperti kesehatan, pendidikan, makanan dan minuman.

Produk fesyen pun tidak termasuk dalam sektor yang esensial atau pokok. Sehingga pelaku usaha ritel di bidang fesyen yang bisa survive atau bahkan masih bisa tumbuh di bisnis ini di masa-masa krisis pandemi corona ini sudah menjadi prestasi tersendiri.

“Kalau sektornya esensial seperti makanan, orang tidak akan mungkin mengurangi konsumsinya. Tapi kalau sektor non esensial seperti restoran, hotel, transportasi, atau yang bukan barang kebutuhan pokok akan drop signifikan,” ujarnya Chatib, Rabu (2/12).

Di luar itu masih ada sektor yang kinerjanya relatif baik, yakni sektor-sektor yang mampu memanfaatkan dua hal. Pertama digitalisasi, dan kedua yang berhubungan dengan kesehatan sesuai dengan kondisi dunia yang tengah dilanda pandemi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian pada kuartal III 2020 terkontraksi 3,49%. Beberapa sektor yang menjadi pemberat pertumbuhan antara lain transportasi dan pergudangan yang anjlok 16,7%, serta penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 11,86%.

Sedangkan sektor yang masih tumbuh adalah sektor-sektor esensial seperti pertanian yang tumbuh 2,15%, informasi dan komunikasi 10,61%, serta jasa kesehatan dan kegiatan sosial. Selengkapnya bisa dilihat pada databoks berikut.

Pendiri Ancora Group dan mantan Menteri Perdagangan Indonesia Gita Wirjawan mengatakan bahwa sektor ekonomi yang berpeluang cerah ke depannya adalah sektor-sektor apapun yang terdisrupsi digitalisasi.

“Saya lihat masih banyak sektor-sektor yang masih siap untuk didisrupsi, termasuk kesehatan, real estat, termasuk asuransi yang merupakan intersection antara sektor kesehatan dan jasa keuangan. Saya juga masih melihat beberapa pilar di bawah sektor pariwisata yang masih sangat bisa didisrupsi dengan digitalisasi,” kata Gita.

Di luar digitalisasi Gita menilai masih ada beberapa sektor yang kinerjanya akan jauh lebih cerah dibandingkan tahun ini. Namun,  peningkatan kinerja tersebut tergantung pada proses penanganan pandemi, seperti testing dan kesuksesan program vaksinasi. 

Dalam laporan e-Conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, yang menunjukkan telah terjadi peningkatan penggunaan layanan digital di negara-negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Digitalisasi menjadi penting lantaran telah terjadi perubahan pada pola konsumsi layanan digital masyarakat.

Di samping itu, semakin banyaknya pengguna baru yang mencoba layanan digital untuk pertama kalinya yang didorong oleh pandemi Covid-19. Para pengguna layanan digital menggunakan internet mulai untuk memesan makanan, membeli bahan makanan (grocery), pendidikan, hingga hiburan.

Secara rinci terjadi peningkatan pemesanan makanan secara online sebesar 34%, membeli bahan makanan 33%, serta pendidikan 22%. Selengkapnya bisa dilihat pada databoks berikut.

Sektor Kesehatan

Di masa pandemi, startup aplikasi kesehatan (healthtech) dan telemedicine, frekuensi kunjungan penggunanya melonjak signifikan.  Aplikasi Halodoc, misalnya, penguna aktif bulanan layanan telemedicinenya melonjak hingga 10 kali lipat sejak pandemi merebak, jika dibandingkan dengan akhir 2019.

“Kami percaya bahwa layanan ini akan terus mendapatkan momentum yang positif, bahkan pasca pandemi Covid-19," ujar Chief Marketing Officer Halodoc Dionisius Nathaniel.

Sementara itu penggunaan layanan Grab Health milik Good Doctor Technology Indonesia naik 12 kali lipat dibandingkan sebelum pandemi, sedangkan fitur konsultasi dengan dokter melonjak 17 kali lipat.

“Layanan kesehatan menggunakan teknologi akan menjadi pelengkap terhadap layanan offline yang sudah ada seperti rumah sakit, klinik, laboratorium dan apotik," ujar Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana.

Ketua Asosiasi Healthtech Indonesia (AHI) Gregorius Bimantoro mengatakan bahwa layanan telemedicine semakin diminati karena memudahkan tenaga medis maupun pengguna yang membutuhkan layanan kesehatan di masa pandemi.

Para pengguna bisa memanfaatkan layanan konsultasi online dengan dokter, menebus resep obat, hingga membuat janji dengan dokter maupun rumah sakit hanya lewat satu aplikasi. Pengguna pun bisa mengakses berbagai artikel terkait seputar penyakit dan cara menghindarinya.

Tak mau ketinggalan dengan perusahaan aplikasi, rumah sakit (RS) juga terus meningkatkan kualitas layanannya demi mendapatkan kembali kepercayaan dari pasien. Pasalnya, kunjungan pasien ke RS turun lebih dari 50% sejak pandemi ini merebak.

"Mungkin hanya 20% pasien yang datang ke rumah sakit, itu pun dengan kondisi yang sudah darurat," kata Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh indonesia (PERSI), Lia Gardenia Partakusuma awal November lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement