Seleksi Calon Dirut TVRI, Ada Nama Gusti Randa hingga Suryopratomo

Hari Widowati
14 Februari 2020, 12:33
calon dirut TVRI, pengganti Helmy Yahya, Suryopratomo, Gusti Randa, Charles Bonar Sirait, Iman Brotoseno, Audrey Tangkudung, profil calon dirut TVRI
Dok. TVRI
Panitia Seleksi Direktur Utama TVRI telah menerima pendaftaran dari 30 kandidat. Lima di antaranya adalah tokoh publik, yakni Gusti Randa, Suryopratomo, Charles Bonar Sirait, Iman Brotoseno, dan Audrey Tangkudung.

Pendaftaran kandidat calon pengganti antarwaktu direktur utama TVRI yang berlangsung 3-12 Februari 2020 berhasil menjaring 30 nama. Beberapa di antaranya sudah cukup dikenal publik, seperti Pelaksana Tugas Ketua Umum PSSI Gusti Randa, mantan Direktur Utama Metro TV Suryopratomo, mantan Presenter Charles Bonar Sirait, Sutradara Iman Brotoseno, dan Ketua Umum Iluni UI Sekolah Pascasarjana Audrey Tangkudung.

Panitia Seleksi Direktur Utama TVRI tengah memeriksa kelengkapan dokumen dari calon-calon yang telah mendaftar. "Dari 30 orang yang mendaftar, ada yang tidak lengkap dokumennya. Pansel akan memverifikasi lagi," kata Direktur Umum TVRI Tumpak Pasaribu kepada Kompas.com, Kamis (13/2).

Kursi dirut TVRI kosong sejak ditinggalkan oleh Helmy Yahya yang dicopot oleh Dewan Pengawas TVRI pada 16 Januari 2020. Pansel menetapkan sejumlah kriteria bagi calon dirut TVRI, antara lain berstatus warga negara Indonesia (WNI), bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani, berpendidikan minimal sarjana, nonpartisan, serta memiliki wawasan dan pengetahuan di bidang penyiaran publik.

Profil Lima Calon Dirut TVRI

Berikut ini profil singkat dari lima tokoh yang mendaftar sebagai calon dirut TVRI.

1. Gusti Randa
Pria kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1965 ini merupakan aktor yang diorbitkan TVRI setelah membintangi sinetron Siti Nurbaya pada era 1990-an. Ia memerankan tokoh Samsul Bahri. Setelah sukses dengan Siti Nurbaya, ia juga membintangi beberapa sinetron lainnya, antara lain Tiga Bidadari, Singgasana Brama Kumbara, dan Mahkota Mayangkara.

Sebelum terjun ke dunia film dan sinetron, Gusti adalah seorang penari dan koreografer. Ia mulai berkenalan dengan dunia hiburan ketika bermain dalam film Cinta di Balik Noda pada 1984. Gusti juga berprofesi sebagai seorang pengacara. Ia pernah mencoba terjun ke dunia politik ketika menjadi calon anggota legislatif dari Partai Hanura untuk daerah pemilihan Sumatera Barat. Ia maju dalam Pileg 2009 tetapi gagal duduk sebagai anggota dewan di Senayan.

Seperti dilansir Tempo.co, Gusti tertarik dengan dunia olahraga khususnya sepak bola ketika diajak Ronny Pattinasarani membentuk Persatuan Olahraga Futsal Indonesia (POFI) pada 2009. Ia pernah menjabat ketua Badan Futsal Nasional kemudian anggota Tim Verifikasi Calon Ketua Umum PSSI pada 2011. Pada Maret 2019, ia ditunjuk oleh Joko Driyono untuk menjadi Plt Ketua Umum PSSI.

(Baca: Helmy Yahya, Sang Raja Kuis yang Tak Lagi Jadi Bos TVRI)

2. Suryopratomo
Suryopratomo termasuk salah satu calon kandidat dirut TVRI. Tommy, sapaan akrab Suryopratomo, lahir di Bandung, 12 Mei 1961. Ia adalah alumni Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB). Di kampusnya itu, Tommy berkenalan dengan dunia jurnalisme ketika diajak mengelola majalah mahasiswa.

Seperti ditulis di laman fapet.ipb.ac.id, Tommy juga menyelesaikan studi pascasarjananya di IPB. Ayahnya ingin agar ia menjadi dosen dan melanjutkan sekolah ke jenjang S3. Namun, Tommy lebih memilih bekerja. Ia diterima di Kompas dan akhirnya menjadi pemimpin redaksi Kompas di usia 39 tahun. Ia menggantikan Jakob Oetama yang sebelumnya menjadi pemimpin redaksi Kompas selama 35 tahun.

Ia pindah ke Media Indonesia pada 2008 kemudian menjadi direktur pemberitaan di Metrotv pada 2010. Ia diangkat menjadi direktur utama Metrotv sejak 1 April 2017 kemudian digantikan oleh Don Bosco Selamun. Saat ini, Suryopratomo menjabat sebagai dewan direksi Mediagroup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...