Profil Ahmad Riza Patria, Cawagub DKI Jakarta dari Gerindra

Hari Widowati
20 Januari 2020, 17:15
profil ahmad riza patria, calon wakil gubernur dki jakarta, ahmad riza patria, partai gerindra, anies baswedan
Dok. Ahmadrizapatria.com
Ahmad Riza Patria, Ketua DPP Partai Gerindra, diajukan sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengumumkan dua nama calon wakil gubernur DKI Jakarta. Kedua calon tersebut adalah Ahmad Riza Patria dari Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kursi calon wagub DKI Jakarta telah kosong sejak 27 Agustus 2018 karena ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju menjadi calon presiden pendamping Prabowo Subianto. Sebelumnya, PKS telah mengajukan dua nama, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto untuk menggantikan posisi Sandiaga. 

Kemudian, Gerindra juga mengajukan empat nama, yakni Arnes Lukman, Saefullah, Ferry J. Yuliantoro, dan Ahmad Riza Patria. Namun, hingga DPRD DKI Jakarta berganti, kedua partai politik ini tak mencapai kesepakatan mengenai siapa yang berhak menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hari ini saya bawa surat yang ditujukan kepada gubernur DKI Jakarta, sudah ditandatangani oleh PKS dan Gerindra," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad seperti dikutip Kompas.com, Senin (20/1). Surat tersebut mencabut surat yang terdahulu dan menyetujui dua nama baru yang diajukan.

Siapakah Ahmad Riza Patria? Politisi yang lebih akrab disapa Ariza Patria ini adalah ketua DPP Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI. Pria kelahiran Banjarmasin, 17 Desember 1969 ini menjabat sebagai wakil ketua Komisi II DPR.

“Pak Riza pernah jadi ketua KNPI, tokoh pemuda Jakarta. Jadi, kalau ditanya soal Jakarta, Pak Riza paham banget,” ujar Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhammad Taufik di Wisma Garuda, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (29/12/2019), seperti dikutip CNNIndonesia.

Sebagaimana dilaporkan Kompas, politikus Gerindra itu pun siap mundur sebagai anggota DPR jika ia ditetapkan menjadi cawagub DKI Jakarta. “Konsekuensinya tidak hanya harus siap, tapi harus betul-betul dibuktikan, memang harus mundur,” ujar Ariza.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai wakil ketua Fraksi Gerindra MPR RI periode 2014-2019. Pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012, pria lulusan Magister ITB 2008 ini sempat mencalonkan diri sebagai wakil gubernur berdampingan dengan Calon Gubernur Hendardji Soepandji.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...