Mantan Wakil Menkeu Jepang Masatsugu Asakawa Jadi Presiden ADB

Hari Widowati
2 Desember 2019, 12:55
Presiden ADB, Masatsugu Asakawa, Takehiko Nakao, Jepang, wakil menteri keuangan, penasihat Perdana Menteri Shinzo Abe, Bank Pembangunan Asia
YOUTUBE/FJCCchannel
Masatsugu Asakawa, mantan Wakil Menteri Keuangan Jepang untuk Hubungan Internasional, terpilih menjadi Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB). Ia akan menjabat mulai 17 Januari 2020.

Masatsugu Asakawa, mantan wakil menteri keuangan Jepang, terpilih secara aklamasi menjadi Presiden Bank Pembangunan Asia (ADB). Asakawa akan menjadi presiden ADB ke-10 menggantikan Takehiko Nakao yang akan meninggalkan ADB pada 16 Januari 2020.

Pria berusia 61 tahun itu saat ini menjabat sebagai penasihat khusus bidang ekonomi untuk Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Asakawa akan melanjutkan masa jabatan Nakao yang sebenarnya berakhir pada 23 November 2021.

"Pengalaman Asakawa yang luas dan beragam di bidang keuangan dan pembangunan internasional akan berguna bagi ADB dalam mencapai visi Asia Pasifik yang sejahtera, inklusif, kuat, dan berkelanjutan," kata Wakil Perdana Menteri serta Menteri Ekonomi dan Keuangan Republik Korea yang juga Ketua Dewan Gubernur ADB, Hong Nam-Ki, dalam siaran pers, Senin (2/12).

Selama empat dekade kariernya, Asakawa pernah menduduki sejumlah posisi senior di Kementerian Keuangan Jepang, termasuk sebagai wakil menteri keuangan untuk urusan internasional. Ia juga memiliki berbagai pengalaman profesional di bidang kebijakan pembangunan, pasar valuta asing, dan kebijakan pajak internasional.

(Baca: Perang Dagang Berlarut-larut, ADB Pangkas Proyeksi Ekonomi Negara Asia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...