Kisah Kabupaten Gunung Mas Tingkatkan Kesejahteraan Lewat APBD

Hari Widowati
28 November 2019, 20:25
Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Indeks Kelola 2019, KIC, kesejahteraan, angka kemiskinan, APBD Kabupaten Gunung Mas
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Foto udara kawasan Bukit Nyuling, Tumbang Talaken Manuhing, Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Kamis (25/7/2019).

Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menjadi pemenang Indeks Kelola 2019 untuk kategori Pembangunan Bidang Kesejahteraan. Kabupaten yang pernah menjadi calon ibu kota baru itu berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 5,8% pada 2017 menjadi 5,1% pada 2018.

Indeks Kelola adalah penghargaan yang diberikan Katadata Indonesia kepada kabupaten maupun kota yang berhasil dan efektif mengelola anggaran daerahnya. Indeks Kelola tahun ini memasuki tahun kedua sejak penghargaan ini pertama kali diluncurkan pada 2018.

Advertisement

Kabupaten Gunung Mas merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kapuas berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2002. Wilayah Gunung Mas termasuk dataran tinggi yang cocok untuk perkebunan.

Sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan menjadi penopang perekonomian Kabupaten Gunung Mas. Kontribusi ketiga sektor tersebut terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 32,4%.

Kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Jaya S. Monong dan Wakil Bupati Efrensia L.P. Umbing ini luasnya mencapai 10.804 km persegi dengan jumlah penduduk 137.667 jiwa. Total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Gunung Mas mencapai Rp 1,17 triliun.

Menurut Katadata Insight Center (KIC), Kabupaten Gunung Mas mendapatkan penilaian baik dalam bidang kesejahteraan karena mampu menurunkan angka kemiskinan sebesar 12,07%. Angka kemiskinan di kabupaten tersebut turun dari 5,8% pada 2017 menjadi 5,1% pada 2018.

Penurunan angka kemiskinan tersebut berkat dibentuknya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) pada 2017. "Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menawarkan tiga program bantuan sosial terpadu, yakni berbasis keluarga, pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil," kata KIC dalam Laporan Indeks Kelola 2019.

(Baca: 66 Pemda Pengelola APBD Terbaik Versi Indeks Kelola Katadata)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement