Mengenal Helikopter Bell-412 EPI, Penjaga Pertahanan Indonesia

Hari Widowati
28 November 2019, 09:25
Helikopter Bell-412 EPI, spesifikasi helikopter tempur TNI AD, helikopter tempur yang dibeli TNI, PT Dirgantara Indonesia, PTDI, Pindad, kecanggihan helikopter Bell-412 EPI
Dok. Bell Textron Inc
Ilustrasi helikopter Bell 412. PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bekerja sama dengan Bell Textron Inc untuk merakit dan memasang persenjataan pada helikopter Bell-412 EPI yang dibeli TNI Angkatan Darat.

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bekerja sama dengan Bell Textron Inc menyiapkan sembilan helikopter Bell-412 EPI untuk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD). Helikopter tempur tersebut akan dilengkapi persenjataan canggih.

Helikopter Bell-412 EPI diproduksi oleh Bell Textron Inc, perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Peran PTDI dalam kerja sama ini adalah sebagai perakit helikopter dan persenjataannya. PTDI akan memasang gattling gun dari Dillon Aerospace dan peluru dari PT Pindad (Persero) di helikopter tersebut.

VP Sales PTDI Ibnu Bintarto mengatakan, perakitan helikopter Bell-412 EPI memakan waktu 6-24 bulan. Setelah itu, PTDI akan melakukan uji kelaikan operasi serta melatih pilot dan teknisi TNI AD. "Mudah-mudahan di pertengahan tahun depan bisa dikirim," ujar Ibnu, di Hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (27/11).

Militer Indonesia bukan satu-satunya pengguna helikopter ini. Angkatan Udara Filipina juga memesan 16 unit helikopter Bell-412. Kontrak pemesanan ini ditandatangani saat Singapore AirShow 2018. Berdasarkan Minimum Essential Force (MEF) II, Indonesia menargetkan bisa memiliki 40 unit pesawat Bell-412 EPI.

(Baca: PTDI-Bell Siap Pasok 9 Helikopter Tempur Senilai Rp 2,5 Triliun ke AD)

Memiliki Perangkat Avionik Canggih

Helikopter 412 EPI dari segi tampilan tidak jauh berbeda dengan Bell-412 EP yang sudah dioperasikan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) sejak beberapa tahun silam. Namun Bell-412 EPI memiliki mesin yang lebih kuat dan perangkat avionik yang lebih canggih.

Seperti dilansir oleh Indomiliter, 412 EPI menggunakan dua mesin Pratt & Whitney PT6T-9 “Twin Pack”, sementara 412 EP menggunakan dua mesin Pratt & Whitney PT6T-3D. Perbedaannya terletak dari tenaga PT6T-9 yang lebih besar 15% dari mesin Bell-412 lainnya pada saat tinggal landas. Selain itu, PT6T-P memiliki fitur untuk menghidupkan mesin secara otomatis yang mampu mencegah suhu mesin terlalu panas. Selain itu, ada fitur kontrol mesin secara digital.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...