ST Burhanuddin, Jaksa Karier yang Pernah Jadi Komisaris Utama BUMN

Hari Widowati
24 Oktober 2019, 09:20
jaksa agung, profil ST Burhanuddin, kabinet indonesia maju, kabinet jokowi-ma'ruf, ST Burhanuddin komisaris BUMN
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Jaksa Agung ST Burhanuddin di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat (23/10/2019). Presiden Joko Widodo memperkenalkan para menteri dan pejabat setingkat menteri periode 2019-2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan anggota Kabinet Indonesia Maju, Rabu (22/10). Ia menunjuk ST Burhanuddin sebagai jaksa agung. Buhanuddin disebut sebagai perwakilan dari kalangan profesional, bukan dari partai politik.

Siapakah ST Burhanuddin? Pria kelahiran Cirebon, 17 Juli 1954 ini sebelumnya menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun). Ia adalah adik dari TB Hasanuddin, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang pernah menjabat sebagai sekretaris militer Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Burhanuddin memulai kariernya sebagai staf di Kejaksaan Tinggi Jambi pada 1989. Kariernya tergolong mulus. Ia menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan sebelum mengemban tugas sebagai Jamdatun.

Mantan Jaksa Agung Basrief Arief menyebut anak buahnya tersebut melaksanakan tugasnya dengan baik. "Tidak ada hal yang kurang puas selama kami bekerja sama di Kejaksaan Agung, sepanjang tugas dia proper," kata Basrief seperti dikutip Liputan.com. Ia berharap Burhanuddin bisa membawa Kejaksaan Agung lebih baik lagi di bawah kepemimpinannya.

Pada hari pertama bertugas, Burhanuddin langsung berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri seluruh Indonesia melalui konferensi video jarak jauh (videoconference). Ia meminta diberi waktu untuk melihat masalah-masalah yang ada di Kejaksaan Agung. Pasalnya, ia tidak mengikuti perkembangan Kejaksaan Agung selama empat tahun terakhir setelah pensiun.

(Baca: 10 Menteri/Kepala Lembaga Baru Pemegang Anggaran Terbesar )

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...