Profil Syahrul Yasin Limpo, Politisi Nasdem Calon Menteri Jokowi

Hari Widowati
22 Oktober 2019, 15:13
profil syahrul yasin limpo, calon menteri jokowi, syahrul yasin limpo, politisi nasdem, mantan gubernur sulsel
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Politisi Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Politisi Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo terlihat mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10) siang. Ia mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam.

Syahrul merupakan salah satu kader Nasdem yang namanya diajukan untuk menjadi calon menteri kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Belum jelas posisi menteri apa yang ditawarkan kepada Syahrul. Kabar yang santer beredar menyebut Syahrul akan menempati posisi sebagai menteri pertanian atau menteri kelautan dan perikanan.

Syahrul Yasin adalah putra kedua dari pejuang kemerdekaan Haji Muhammad Yasin Limpo yang juga pendiri Partai Golkar di Makassar. Ibunya adalah Nurhayati Yasin Limpo.

Ia lahir di Ngawing, Makassar pada 15 Maret 1955. Setelah lulus dari SMA Katolik Cendrawasih Makassar pada 1973, Syahrul kuliah di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Ia meraih gelar sarjana hukum pada 1983. Ia juga menuntaskan pendidikan pascasarjananya di Universitas Hasanuddin pada 2004 lalu melanjutkan ke program doktoral di universitas yang sama.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan periode 2008-2018 ini meniti kariernya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sejak 1980. Ia menjabat sebagai kepala Seksi Tata Kota Makassar pada 1982. Kemudian, ia diangkat menjadi kepala Sub Bagian Perangkat IV dan V Biro Pemerintahan Makassar pada 1983.

Karier Syahrul terus menanjak. Ia menjadi kepala wilayah kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa pada 1984 lalu kepala Bagian Pemerintahan Setwilda Tingkat I Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 1987. Ia menjadi kepala Bagian Pembangunan Setwilda Tingkat I Sulsel dan kepala bagian Urusan Generasi Moda dan Olahraga Setwilda Tingkat I Sulsel pada 1989.

Pada 1991, Syahrul dipercaya menjadi Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa. Dua tahun kemudian, ia naik pangkat menjadi Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I.

Syahrul pun mulai aktif di berbagai organisasi, antara lain sebagai sekretaris Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel (1990-1993) dan ketua DPP Angkatan Muda Pembangunan Indonesia (AMPI) Sulsel (1993-1998). Ia juga menjabat sebagai sekretaris SPP Golkar Sulsel (1993-1999). Jabatan tertingginya di Golkar adalah sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulsel periode 2009-2018.

(Baca: Politisi Nasdem Syahrul Yasin Limpo Dipanggil Jokowi ke Istana)

Dari Bupati Gowa ke Gubernur Sulsel

Syahrul menjadi Bupati Gowa pada periode 1994-2002. Di masa pemerintahan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Syahrul menjadi wakil gubernur Sulsel periode 2003-2008. Gubernur Sulsel waktu itu adalah Amin Syam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...